Beranda News PHE ONWJ Bangun Galangan Kapal untuk Nelayan di Desa Tambaksari Karawang

PHE ONWJ Bangun Galangan Kapal untuk Nelayan di Desa Tambaksari Karawang

12
Galangan Kapal PHE ONWJ di Desa Tambaksari Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG – Pertama Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) jalankan program pembangunan galangan kapal di Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Galangan ini difungsikan untuk memperbaiki perahu nelayan yang melaut disekitar lokasi.

Agar bisa digunakan secara efektif oleh masyarakat, PHE ONWJ menyerahkan operasional galangan kapal ini ke Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (KKPMP) Desa Tambaksari. Sejak beroperasi, galangan kapal ini bisa melayani perbaikan 15 perayu nelayan dalam satu bulan.

Baca juga: Laba Melesat, Bank BRI Bakal Bagikan Dividen 48,10 Triliun

Ketua KKPMP Desa Tambaksari, Subandi menyampaikan, galangan kapal ini bukan yang pertama beroperasi. Ia membandingkan, ditempat lain nelayan mesti bayar jika ingin menggunakan galangan untuk memperbaiki perahu.

“Kalau ditempat lain, ada sistem sewa, sekitar Rp300 ribuan per perbaikan. Nelayan boleh menggunakan galangan untuk memperbaiki peraturan, namun harus bayar sewa lahan galangan,” ujarnya.

Subandi sangat berterimakasih kepada Pertamina PHE ONWJ dengan adanya program pembangunan galangan kapal ini.

“Saya mewakili nelayan mengucapkan terimakasih untuk Pertamina PHE ONWJ karena terus peduli dengan nelayan,” tuturnya.

Baca juga: Diguyur APBD 8,5 Miliar, Dinas PUPR Karawang Bakal Bangun Jembatan Ciselang

Ia memaparkan, di Desa Tambaksari dan sekitarnya saat ini kurang lebih ada 417 nelayan (aktif pergi melaut). Totalnya ada 117 perahu kecil yang beroperasi di sekitar perairan Desa Tambaksari.

Mayoritas, para nelayan ini bekerja mencari rajungan dan udang. Dengan adanya pembangunan galangan ini, ratusan nelayan merasa terbantu karena dapat menghemat biaya perbaikan.

Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ, R. Ery Ridwan mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk terus mendukung para nelayan di Desa Tambaksari dan sekitarnya.

Baca juga: Tips Rahasia untuk Menang Flash Sale di Shopee: Raih Diskon dan Penawaran Terbaik

Program pembangunan galangan kapal ini, kata dia, merupakan bentuk komitmen Pertamina PHE ONWJ untuk memberdayakan masyarakat pesisir.

Tentunya ia berharap, galangan kapal ini dapat meningkatkan taraf hidup nelayan dan membantu mereka meningkatkan hasil tangkapan.

“Saat ini, inisiatif kami tidak hanya berfokus pada kegiatan produksi minyak dan gas. Tetapi juga pada upaya-upaya nyata untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama pada nelayan yang merupakan bagian penting dari komitmen kami,” pungkasnya.