Beranda Headline Mengenal Tradisi Munggahan Jelang 1 Ramadhan

Mengenal Tradisi Munggahan Jelang 1 Ramadhan

73
Ilustrasi (Foto: iStock)

Beritapasundan.com- Munggahan, tentu sebagai masyarakat Sunda tidak asing lagi mendengarnya, Munggahan menjadi tradisi masyarakat Sunda dalam menyambut 1 Ramadhan.

Secara epistemologi, Munggahan berasal dari kata Munggah yang artinya naik, disebut Munggahan karena orng yang berpuasa akan naik perasaannya.

Tradisi ini biasanya dilakukan sehari sebelum puasa, biasanya masyarakat kita melakukan masak- masak besar, makan bersama dan juga melakukan ziarah kubur ke makam keluarga.

Baca juga: Ini Resep Rujak Petai Cina, Bikin Tambah Nafsu Makan

Dilansir dari nusantaranews.co, Tradisi munggahan selain mengadakan makan dan do’a bersama, tradisi ini juga merupakan sebuah sarana dalam mempertahankan nilai toleransi, tenggang rasa, saling menghormati dan menjaga keharmonisan antar sesama.

Tradisi Munggahan dilestarikan secara turun temurun dalam masyarakat Sunda. Lantaran tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Sunda atas kedatangan bulan suci Ramadhan, maka pelaksanannya dilakukan sehari sebelum dan saat hari pertama puasa.

Secara umum tradisi ini memang dilakoni oleh Masyarakat Sunda, Jawa Barat. Namun sebagai informasi, tradisi ini memiliki bentuk pelaksanaan yang berbeda-beda dari kota yang satu dengan kota lainnyta di di Jawa Barat. Perbedaan yang ada semasa sekali tidak mengurangi makna dan tujuan dari tadisi ini. Sebab pada prinsipnya, tradisi ini tetap memiliki kesamaan yakni berkumpulnya anggota keluarga untuk bersilaturahmi, berdoa bersama, dan makan sahur bersama.

Itulah sekelumit tentang Munggahan, semoga bermanfaat.