Beranda News Disaksikan Kapolres Karawang, Pemdes Mulyajaya Deklarasi Desa Bebas Narkoba

Disaksikan Kapolres Karawang, Pemdes Mulyajaya Deklarasi Desa Bebas Narkoba

78
Deklarasi Desa Bebas Narkoba di kantor Desa Mulyajaya Kecamatan Kutawaluya Karawang (Foto: El)

KARAWANG- Desa Mulyajaya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang dideklarasikan sebagai desa bebas narkoba pada Senin, 14 Agustus 2023.

Deklarasi ini disahkan langsung oleh Kapolres Karawang, AKBP Wirdantho Hadicaksono di kantor desa Mulyajaya sekitar pukul 14.30 disusul dengan penandatanganan di sore hari.

“Pada kesempatan kali ini, kami polres bersama BNNK dan Pemda diwakilkan Dinkes termasuk Forkopimcam Kutawaluya mencanangkan desa Mulyajaya masuk dalam program kampung bebas dari narkoba,” ujar Kapolres Karawang saat deklarasi Senin, (14/8).

Baca juga: Hasil Tes Urin, Tak Ada Warga Mulyajaya Karawang Kecanduan Tramadol dan Hexymer

Ia menjelaskan, deklarasi ini merupakan salah satu strategi dari kepolisian terkait percepatan program impresisi yang salah satu kegiatannya adalah membangun kampung bebas narkoba.

Program ini nantinya akan dikolaborasikan dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang, dan akan diisi kegiatan sosialisasi edukasi seputar narkoba dan zat adiktif lainnya.

“Ini arahan dari bapak Kapolri kami, disitu nanti kegiatannya kita akan membentuk infrastruktur sosial. Mau berupa satgas anti narkoba yang terdiri dari para tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk tokoh pemuda untuk meningkatkan ketahanan sosial,” jelasnya.

Baca juga: Puluhan Pemuda Desa Pulokalapa Ikuti Pelatihan Literasi Digital

“Kami bersama BNNK mencanangkan beberapa desa di Karawang sebagai desa bersinar atau kampung bebas narkoba,” tambahnya.

Kepala Desa Mulyajaya, Endang mengungkapkan, sebagai Kades dirinya turut bersyukur karena desa Mulyajaya bisa masuk program Polres dan BNNK hingga dideklarasikan sebagai desa bebas narkoba.

“Pada hari ini saya selaku Kepala Desa merasa bangga dan tersanjung, sehingga Kapolres menunjuk desa kami menjadi desa tangguh bebas narkoba,” pungkasnya.