Beranda Headline Diamankan Densus, Terduga Teroris Asal Cianjur Terobsesi Jihad

Diamankan Densus, Terduga Teroris Asal Cianjur Terobsesi Jihad

32

BEPAS, CIANJUR– DS (24), terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diketahui kerap berpindah kontrakan. Sebelum di lokasi yang digerebek petugas, ia tinggal di Kampung Cihaur 1, RT 1 RW 4, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Cianjur. Beberapa kali DS terlibat perdebatan dengan tokoh agama setempat soal ajaran agama dan jihad.

DS sebenarnya berstatus warga asli di kampung tersebut. Ia tinggal sejak berusia 13 tahun setelah ayahnya menikah dengan warga setempat. “Untuk ibadahnya bagus, bahkan sering azan juga. Ngajinya juga rajin. Termasuk di sekolahnya berprestasi,” kata Ustaz Ahmad Rifai (30), tokoh agama setempat, Kamis (14/11/2019).

Baca juga: Densus 88 Amankan Terduga Teroris JAD Asal Cirebon

DS pernah mengenyam bangku kuliah. Setelah lulus SMK, ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke salah satu perguruan tinggi di Bandung, namun hanya sampai tahun pertama. Saat menjalani aktivitas perkuliahan itulah karakter pria itu berubah. Pemikirannya tentang ibadah dan agama dianggap melenceng.

“Sempat berdebat cukup keras soal pandangannya yang saya anggap keliru. Ia membahas soal jihad dan mati di jalan yang mulia, termasuk jaminan masuk surga apabila gugur dalam berjihad. Dia bilang itu cita-citanya,” ujar Ahmad. (dtk/bp)