Beranda Headline Dewan Jabar Minta Pemkab Karawang Serius Antisipasi Bencana Alam

Dewan Jabar Minta Pemkab Karawang Serius Antisipasi Bencana Alam

96
Anggota DPRD Jawa Barat, Ihsanudin saat memberikan sambutan (Foto: Istimewa)

KARAWANG- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi ancaman bencana hidrometeorologi akan meningkat pada Januari 2023 bersamaan dengan meningkatnya aktivitas Monsoon Asia.

Menanggapi cuaca ekstrim yang sedang dihadapi, Anggota DPRD Jawa Barat, Ihsanudin, M.Si meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan langkah konkrit dalam mengantisipasi bencana.

“Warningnya sudah ada. Saya kira, pemerintah jangan tinggal diam. Apalagi akhir-akhir ini cuaca masih terlihat ekstrem,” kata Ihsanudin, Senin (26/12/2022)

Menurut anggota DPRD dari Fraksi Gerindra ini, bencana sudah terjadi di beberapa daerah, selain di Cianjur yang terjadi gempa bumi, di Kabupaten Karawang pun
baru-baru ini terjadi banjir dan angin kencang.

Baca juga: Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Karawang Diminta Aktifkan Posko Pantau dan Call Center

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, rumah rusak hingga pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi di 12 kecamatan dan 18 desa. Sebanyak 142 rumah rusak yang mengakibatkan 151 keluarga dengan 499 orang terdampak. Lalu sejumlah 14 pohon tumbang. Atas dampak tersebut kerugian yang ditaksir mencapai Rp342 juta.

“Belum lagi daerah-daerah lain yang memiliki potensi bencana yang sama. Ini harus dijaga,” tambahnya.

Ia meminta pemerintah daerah serius mengantisipasi potensi bencana. Jangan sampai, masyarakat banyak menjadi korban akibat bencana, Sosialisasi potensi cuaca ekstrem ini harus tersampaikan kepada masyarakat dan diedukasi bagaimana cara menyelamatkan diri ketika ada bencana.

“Ini dilakukan untuk meminimalisir potensi korban ketika terjadi bencana,” paparnya.
Anggota DPRD dari daerah pemilihan Karawang dan Purwakarta ini juga menghimbau, di saat musim liburan saat ini, tidak berlibur ke tempat-tempat yang memiliki potensi bencana. “Selalu pantau perkembangan cuaca terkini, sehingga bisa liburan dengan nyaman dan aman,” ucapnya.