Beranda Otomotif dan Teknologi Catat! 4 Tips Membersihkan Bunga Es Tanpa Matikan Kulkas

Catat! 4 Tips Membersihkan Bunga Es Tanpa Matikan Kulkas

48
Bunga es kulkas
Foto: Ist.

Beritapasundan – Bunga es merupakan kumpulan uap air yang membeku di bagian dalam freezer.

Kemunculan bunga es kulkas tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya.

Melansir kumparan.com. Bunga es yang menumpuk biasanya disebabkan oleh pintu kulkas yang terlalu sering dibuka-tutup, suhu freezer yang terlalu rendah, juga karena tidak dibersihkan secara teratur.

Baca juga: Cara Mambuat Akta Kelahiran di Karawang, Catat Ini Persyaratannya

Bunga es yang sudah menumpuk dapat dibersihkan dengan cara mematikan kulkas dan membiarkan pintunya terbuka.

Umumnya butuh waktu minimal 24 jam agar bunga es di freezer mencair sepenuhnya. Lalu, bagaimana cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas?

Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk membantu membersihkan bunga es tanpa harus mematikan kulkas. Berikut di antaranya:

1. Gunakan Handuk atau Kain Bersih

Handuk atau kain bersih juga dapat digunakan sebagai alternatif. Caranya, basahi handuk dengan air hangat dan peras hingga lembap. Letakkan handuk di bunga es dan biarkan selama beberapa menit.

Proses itu akan membantu es mencair sedikit demi sedikit sehingga membuat Anda dapat membersihkannya dengan mudah. Setelah itu, gunakan handuk lagi untuk menggosok dan membersihkan bunga es yang tersisa.

2. Pakai Air Panas

Cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas dapat dilakukan menggunakan air panas. Mengutip laman Appliance Analysts, air panas dapat membantu proses pencairan bunga es.

Sebelumnya, pastikan untuk mengeluarkan semua makanan atau minuman yang disimpan di dalam freezer. Lalu, letakkan handuk di bawah kulkas agar bunga es yang mencair tidak membanjiri lantai.

Selanjutnya, siapkan semangkuk air hangat dan tuangkan sedikit demi sedikit ke lapisan es di dalam freezer. Semakin panas air yang digunakan, semakin cepat pula proses pencairan bunga es. Agar lebih aman, pastikan Anda mengenakan sarung tangan untuk melindungi diri dari luka bakar.

Baca juga: Simak! 9 Tips Menjaga Kesehatan Saat Perubahan Cuaca

3. Spatula Panas

Spatula panas dapat digunakan untuk membantu mencairkan bunga es degan cepat. Caranya, panaskan spatula dengan meletakkannya di dekat sumber panas seperti di atas permukaan wajan yang masih hangat. Pastikan spatula tidak terlalu panas agar tidak merusak permukaan dalam freezer.

Setelah dirasa cukup panas, gunakan spatula tersebut untuk mengikis dan mengangkat bunga es dengan hati-hati. Panas dari spatula akan membantu melunakkan es sehingga lebih mudah dibersihkan.

4. Hair Dryer

Hair dryer dapat mempercepat proses pencairan bunga es. Namun, metode ini sebenarnya tidak direkomendasikan karena berisiko merusak bagian dalam freezer.

Jika ingin menggunakan hair dryer untuk membersihkan bunga es, pastikan agar tidak mengarahkan alat pengering rambut tersebut langsung ke dinding freezer, melainkan ke bunga esnya. Setelah itu, pecahkan es yang sudah melunak dengan pemecah es batu secara hati-hati. (*)