Beranda Headline BPD se Indonesia Bakal Demo Senayan, Ketua PABPDSI: Dari Karawang 500 Orang

BPD se Indonesia Bakal Demo Senayan, Ketua PABPDSI: Dari Karawang 500 Orang

634
Ketua PABPDSI Karawang, H Suhara Iskandar (Foto: Istimewa)

KARAWANG – Anggota Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) akan melakukan unjuk rasa ke Senayan pada Kamis (16/2/2023).

Hal itu disampaikan Ketua PABPDSI Karawang, H Suhara Iskandar, saat melakukan konsolidasi bersama BPD Se-Kecamatan Telukjambe Timur, di Desa Purwadana.

“Kita akan mencoba menyampaikan aspirasi dengan damai, di DPR dan Istana Negara,” kata H Suhara Iskandar.

Ketua BPD Dawuan Barat ini menyampaikan terkait tuntutan yang di sampaikan adalah pertama akan memberikan masukan di pasal 23 UU desa No 6 Tahun 2014 terkait penyelenggara Pemerintah Desa yang hanya ditulis kepala desa dan tidak melibatkan penyebutan BPD.

Baca juga: Menteri Desa Nilai Masa Jabatan Kades 9 Tahun Untungkan Warga

“Pertama berkaitan terkait pasal 23 terkait penyelenggera pemerintah desa itu hanya ada satu kepala desa saja, harusnya dua lembaga bersama dengan BPD juga,” ujarnya.

Kedua, pihaknya akan menyampaikan masukan terkait kewenangan penyelenggara pemerintahan desa, pasalnya hanya kepala desa saja yang memiliki kewenangan yang sangat luas.

“Kedua kaitan dalam penyelenggara, contoh misal di negara presiden dan DPR, Gubernur dan DPRD Bupati juga, padahal kita hasil pemilihan punya konstituen juga, berarti ada yang terputus, yang satu punya kewenangan besar yang satu tidak,”ucapnya.

Ketiga, bakal ada perubahan nama yang tadinya hanya badan agar namanya berupa menjadi DPRDes sama dengan penyelenggara pemerintahan di pusat sampai daerah.

Baca juga: Syaiful Huda: PKB Dukung Penuh Penambahan Masa Jabatan Kades 9 Tahun

“Ketiga dalam penamaan, fungsi dan tugas sama kita sama dengan DPR, kita ada legislasi, budgeting, dan controlling. kita akan perjuangan DPRDes karena kalau jadi dewan maka akan ada hak-hak, kan kalau hanya badan dari daerah satu daerah ke daerah lain berbeda,”jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa aksi damai akan dilakukan oleh PABPDSI dari Provinsi Aceh hingga Papua. Di Karawang sendiri total sudah 500 orang Anggota BPD yang siap berangkat ke Jakarta.

“Semuanya dari Aceh sampai Papua ada. Kalau di Karawang sudah ada 500 yang akan ikut dan antusiasme dan pusat kumpul nya di Pemda,”pungkasnya.

Disisi lain, Ketua PABPDSI Kecamatan Telukjambe Timur, Lukman N Iraz siap mendukung unjuk rasa ke Senayan karena hal tersebut sangat penting untuk memperkuat kelembagaan organisasi pengawas kepala desa.

“Tentu kita mendukung karena jika kewenangan kita lebih luas, kita bisa menjaga kepentingan pembangunan demi masyarakat,” ujarnya.