Beranda News Banjir yang Melanda 4 Kecamatan di Karawang Mulai Surut, Paling Parah Desa...

Banjir yang Melanda 4 Kecamatan di Karawang Mulai Surut, Paling Parah Desa Karangligar Capai 2 Meter

21
Kondisi Banjir di Desa Karangligar Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG – Banjir yang merendam sebagian wilayah di Kabupaten Karawang relatif mulai surut. Beberapa warga terdampak dilaporkan mulai kembali ke rumah.

Banjir di Karawang diketahui melanda empat kecamatan, yaitu Karawang Barat, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur dan Rawamerta.

“Per hari ini tanggal 8 Januari 2024, banjir di Karawang Barat dan Rawamerta sudah surut, warga juga sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing,” kata Kepala BPBD Karawang, Mahpudin.

“Tetapi kalau yang masih banjir itu di Desa Sukamakmur Telukjambe Timur dan Desa Karangligar Telukjambe Barat,” sambung dia.

Baca juga: Bupati Aep Siapkan Langkah Atasi Banjir Karangligar

Menurutnya, banjir terparah berada di Dusun Pangasinan, Desa Karangligar dengan ketinggian 2 meter, sementara Desa Sukamakmur setinggi 1 meter.

“Di Karangligar tota 586 KK dari 1.600-an yang terdampak, dan Sukamakmur ada 57 KK dari 158 jiwa,” katanya.

Dia bilang, sejumlah dinas terkait seperti Dinsos, Dinas Pertanian, Dinas PUPR dan Bappeda akan melakukan rapat koordinasi bersama BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan BNPB RI.

Baca juga: Para Korban Banjir Karangligar Keluhkan Gatal-Gatal

Rapat tersebut untuk meminta langkah apa yang akan dilakukan BBWS terkait banjir Karawang. Mengingat, persoalan air merupakan kewenangan BBWS.

“Secara menyeuruh kita akan mendapatkan pelaporan secara utuh agar bisa dilakukan tindakan lebih teknis lagi untuk penanggulangannya. Dengan kedatangan Kepala BBWS pada Sabtu kemarin, kita meminta apa yang akan dilakukan, apa yg mereka bisa lakukan dan apa yang harus pemda siapkan. Kesiapan ini lah yang harus dibicarakan,” tandasnya. (*)