Beranda Ekonomi & Bisnis Masuki Ramadhan, Kolang-Kaling, Hingga Cincau Diserbu Pembeli di Pasar Johar Karawang

Masuki Ramadhan, Kolang-Kaling, Hingga Cincau Diserbu Pembeli di Pasar Johar Karawang

11
Pedang Kolang-Kaling di Pasar Johar Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG – Kolang-kaling, agar, cincau hingga pacar cina di pasaran mulai diserbu pembeli menjelang pelaksanaan Ramadhan 1445 Hijrah.

Di Pasar Johar Karawang salah satunya, Opik (25) pedagang kolang-kaling mengaku dagangannya laris manis diserbu pembeli.

Hal ini terjadi, kata dia, disebabkan karena orang-orang sibuk melaksanakan munggahan menyambut 1 Ramadhan pada Selasa, 12 Maret 2024 besok.

“Alhamdulillah hari ini rame, pada munggahan. Lagi rame begini abisnya cepet teh,” ujarnya pada Senin, 11 Maret 2024.

Baca juga: Simak! Bacaan Niat Puasa Ramadhan dari Berbagai Versi Kitab

Ia memaparkan, untuk harganya bervariasi dengan urutan paling mahal adalah kolang-kaling Rp15.000, cingcau Rp4.000 (1 potong kotak), agar warna Rp3.000 dan pacar cina Rp2.000 (1 bungkus).

Ia menyebutkan, omsetnya belum terhitung karena hingga sore ini pembeli terus bermunculan.

Yang jelas, kata dia, stok awal yang didagangkan hari ini jumlahnya sebanyak 40 karung atau 1 ton setengah.

“Sehabisnya aja, terus harga kolang-kaling dan ager gini sama seperti yang lain, naik turun. Sekarang cuman kolang-kaling yang lagi naik, yang lain normal,” katanya.

Baca juga: Promo Ramadhan, Batiqa Hotel Karawang Suguhkan Menu Masakan Melayu

Tentunya ia berharap, harga bahan makanan musiman Ramadhan tetap stabil karena naik turunnya harga, sangat mempengaruhi daya beli masyarakat.

“Ini dari Cianjur ager dan kolang-kalingnya, jadi naik turun itu tergantung dari sananya. Semoga ramai terus,” tuturnya.

Sumiati (33) salah satu pembeli mengatakan, harga kolang-kaling hingga agar pada musim munggahan ini terbilang standar, dan tidak berat untuk dibeli.

Saat ini ia pun sedang berkeliling, ikut menyerbu kolang-kaling, agar dan bahan makanan lainnya untuk disajikan saat berbuka atau sahur dalam pelaksanaan ibadah puasa.

“Hari ini ramai pastinya, saya beli hari ini karena sekarang hari terakhir menuju puasa besok dan butuh kolang-kaling sama agar buat nanti besok buka puasa,” pungkasnya.