Beranda Headline Dinsos Karawang Launching Bansos Bagi Anak Terlantar, Anggarannya Capai Segini

Dinsos Karawang Launching Bansos Bagi Anak Terlantar, Anggarannya Capai Segini

31
Dinsos Karawang Launching Bansos Anak Terlantar (Foto: El)

KARAWANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang launching bantuan sosial bagi anak terlantar melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) tahap II tahun 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pengurus LKSA dan terselenggara di Hotel Brits Karawang pada Senin, 20 November 2023.

Kepala Plt. Dinsos Karawang, Ridwan Salam menyebutkan, anggaran bansos yang tersedia kurang lebih sekitar 6 milyar untuk 2.700 anak terlantar yang berada di bawah naungan LKSA.

Baca juga: RM Saung Kabogoh di Jalan Siliwangi Karawang Dilalap Si Jago Merah

“Anggaran 2.400.000 peranak, 6 milyaran dan itu langsung masuk ke rekening anak,” ujarnya saat diwawancarai.

Ia menjelaskan, bantuan uang ini akan tersalurkan langsung kepada anak bersangkutan tanpa melalui perantara LKSA.

Jadi, LKSA di sini tugasnya berfokus mendampingi anak terlantar dengan membantu pengurusan rekening serta pembuatan Adminduk.

“Jadi anak wajib punya rekening, terus anak-anak yang didampingi LKSA diprioritaskan harus punya Adminduk yang jelas agar terjamin berbagai halnya,” jelasnya.

Baca juga: Catat Nih! 5 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Ridwan memaparkan, jumlah LKSA di Karawang saat ini ada 48 lembaga. Jumlahnya tercatat menurun dibandingkan tahun sebelum-sebelumnya.

Meskipun begitu, pihaknya mengaku akan terus melakukan peningkatan terhadap kapasitas LKSA yang ada di Karawang.

“Jumlah LKSA tahun 2021 ada 53, 2022 ada 51 dan 2023 sekarang ada 48 lembaga. LKSA harus bener-bener mendampingi, pastikan mereka memiliki rekening dan adminduk harus diurus 100 persen,” paparnya.

“Jumlah 2.700 itu kalo disisir masih banyak lagi. Jadi, peningkatan kapasitas LKSA akan terus kita lakukan. Dari mulai persyaratan sebagai lembaga, proses akreditasi, mereka layak melakukan pelayanan terhadap anak. Kita akan fasilitasi pelatihan LKSA membuat jaringan agar lebih membantu anak-anak yang didampinginya,” pungkasnya.