Beranda Tips & trik 4 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Naik Kereta Api, Yuk Simak

4 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Naik Kereta Api, Yuk Simak

4
Tips mudik lebaran
Tips Mudik Naik Kereta Api (Foto: ilustrasi/net.)

beritapasundan.com – Mudik naik kereta api adalah salah satu alternatif moda transportasi yang cukup digemari masyarakat saat musim libur lebaran.

Namun karena banyaknya peminat, terkadang orang memilih mengalah untuk cari pilihan transportasi lain, karena enggan buang-buang waktu untuk beburu tiket kereta api.

Baca juga: Jelang Arus Mudik, Dishub Karawang Gelar Inspeksi Keselamatan LLAJ

Tips Aman Mudik Naik Kereta Api

Menggunakan kereta api memang membuat perjalanan mudik relatif lebih cepat dan nyaman dibanding moda transportasi darat lainnya. Agar perjalanan mudik aman dan nyaman saat menggunakan kereta api, ikuti tips yang berikut ini:

1. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Anda akan kerepotan sendiri saat harus mengangkut barang bawaan jika terlalu banyak. Baik ketika akan naik maupun saat turun dari kereta api.

Di samping itu, membawa barang bawaan yang terlalu banyak akan menyulitkan untuk disimpan di bagasi. Koper atau tas ransel umum digunakan untuk mempermudah mobilitas selama perjalanan mudik.

Namun perlu diingat juga, PT KAI memberlakukan aturan size dan berat koper yang diperbolehkan untuk diletakkan di bagasi

2. Beli Tiket Kereta Api dari Jauh-jauh Hari

Semakin mendekati hari H, tiket kereta api untuk mudik akan menjadi langka untuk didapatkan. Ketersediaan tiket biasanya makin terbatas.

Hal ini terjadi karena tiket tak hanya dibeli oleh pemudik saja, libur Lebaran juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin pergi berlibur ke luar kota.

Pembelian tiket untuk mudik yang bisa diakses melalui website resmi atau bisa mendapatkan tiket dari loket pembelian secara langsung. Jadi, sangat tidak disarankan membeli tiket kereta mendekati hari raya Idul Fitri.

Baca juga: Manakah Waktu yang Tepat Untuk Mudik Lebaran, Pagi Atau Malam?

3. Bawa Bekal agar Hemat

Jika mudik saat masih masa puasa, ada baiknya punya persiapan untuk membawa bekal makanan serta minuman untuk sahur atau berbuka di kereta nanti.

Bawa bekal sendiri, selain menyelamatkan dari rasa lapar, juga membantu melewati rasa bosan selama duduk lama di kereta api.

Manfaat lainnya dari membawa makanan dan minuman sendiri adalah bisa lebih berhemat. Perlu diingat, makanan dan minuman yang dibawa tidak boleh yang beraroma menyengat.

4. Bawa Bantal Leher

Karena perjalanan panjang, biasanya pemudik tidur di kereta. Jadi, tidak ada salahnya untuk membawa bantal leher, mengingat kursi kereta cenderung keras.

Kondisi ini bikin sulit tidur dan kurang nyaman. Membawa bantal leher, akan mencegah lehermu sakit akibat kursi yang keras. Jika tidak bisa tidur, untuk mengusir bosan karena jarak yang ditempuh begitu panjang selama di kereta, bawalah buku untuk dibaca.

Demikian tips aman untuk mudik naik kereta api, naik moda transportasi satu ini memang lebih hemat waktu dan tidak melelahkan seperti menyetir kendaraan pribadi. Semoga perjalanan mudikmu aman dan lancar sampai tujuan. (*)