Beranda Headline Waspada! Besok Badai Dahsyat Diprediksi Melanda Jabodetabek

Waspada! Besok Badai Dahsyat Diprediksi Melanda Jabodetabek

1160
BRIN prediksi banjir besar dan badai dahsyat akan melanda Jabodetabek (Foto: Pixabay)

JAKARTA- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi akan terjadi hujan lebat yang sebabkan banjir besar dan badai dahsyat di kawasan Jabodetabek, khususnya Tengerang dan Banten. Diperkirakan akan terjadi pada Rabu (28/12/2022)

“Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” ungkap Peneliti Klimatologi, pada Pusat Riset Iklim, dan Atmosfir, BRIN, Erma Yulihastin, dalam unggahannya di Twitter, Selasa (27/12/2022).

Erma menyebut prakiraan BRIN tersebut berdasarkan analisis data dari Satellite Early Warning System (Sadewa).

Menurutnya badai dahsyat dari laut akan berpindah ke darat melalui jalur barat dengan angin baratan yang membawa hujan badai dari laut, dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat.

Baca juga: Memasuki Libur Nataru, BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem di Wilayah Jawa Barat

“Maka Banten, dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” ujar Erma.

Selain itu, kovergensi di darat akan masif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2020 akan meluas menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat.

Dia membeberkan soal warpada ‘Tol Hujan’ laut dan darat pemicu banjir. Tol hujan itu merupakan badai yang sudah terbentuk pada Selasa 27 Desember 2022, pukul 03.00 WIB.

“Tol hujan ini bernama badai Squall Line di laut (Samudera Hindia), yang bergabung dengan badai konvektif skala meso (MCC) yang terbentuk di darat dengan inti badai di atas wilayah Banten, dan sekitarnya,” pungkasnya.