Beranda Headline Unsika Resmikan Gedung Baru dan MoU dengan 19 Kampus di Jabar

Unsika Resmikan Gedung Baru dan MoU dengan 19 Kampus di Jabar

305
Peringatan HUT Unsika ke-41 (Foto: El)

KARAWANG – Dalam rangka memperingati HUT ke 41, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) gelar peresmian gedung baru dan lakukan MoU bersama 19 kampus di Jawa Barat.

Rangkaian giat tersebut berlangsung di Kampus 2 Unsika yang bertempat di Jl. Lingkar Tanjungpura, Desa Margasari, Kecamatan Karawang Timur pada Kamis, (2/2/2023).

Mohammad Samsuri, Pelaksana Tugas Rektor Unsika menyampaikan, sudah 41 tahun Unsika berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Momentum HUT kali ini dimanfaatkan pihaknya untuk menggelar beberapa rangkaian giat, antara lain; perayaan milad, peresmian gedung, MoU dan penanaman pohon.

Baca juga: Bangkitkan Semangat Generasi Muda, BEM FE Unsika Gelar Seminar Nasional

“Pertama, momentum 2 Februari ini digunakan untuk peresmian gedung kampus 2. Ada sekitar 32 kelas, udah dibangun sejak 2022 dan selesai 2022 ditriwulan pertama,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah berkonsultasi dengan kementerian untuk segera meng-fungsionalkan gedung kampus 2.

“Mandat dari pemerintah, kita sudah harus melakukan pembelajaran secara luring. Mulai Februari pembelajaran kita dorong luring,” jelasnya.

Selain peresmian gedung baru, di milad ke 41 ini Unsika melakukan MoU dengan 19 kampus yang ada di Jawa Barat.

Baca juga: Rektor Unsika Mundur, Alumni Minta Mendikbud Turun Tangan

“Kita ingin membangun kampus makin produktif. Ini kesempatan, kita harus kolaborasi dengan kampus lain untuk mendukung dan mengimplementasikan kebijakan merdeka belajar,”

“Dari MoU ini, nanti ada pertukaran mahasiswa, penelitian kolaborasi, hingga projek kolaborasi bangun desa,” papar Samsuri.

Khusus pertukaran mahasiswa, pihaknya menargetkan 20 persen mahasiswa Unsika memiliki pengalaman dalam pertukaran mahasiswa. Adapun kriterianya, dipilih sesuai minat, kecocokan kompetensi dan dapat dilakukan oleh semester 6 ke atas.

Samsuri berharap, adanya gedung baru dan kolaborasi (MoU) menjadi titik awal kemajuan Unsika kedepan.

Baca juga: Statuta Kampus di Protes Ratusan Dosen, Rektor Unsika Nyatakan Mundur

“Peresmian gedung mendukung proses pembelajaran secara luring, kampus 2 di desain untuk mewadahi kekurangan kapasitas ruangan Unsika,” katanya.

“Kemudian, kolaborasi menjadi titik awal bagi kami meningkatkan produktivitas. Makanya kita undang Pemda, Pemprov supaya nanti bisa turut mensupport juga,” pungkasnya.