Beranda Uncategorized UBSI Karawang Gelar Webinar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting

UBSI Karawang Gelar Webinar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting

Persiapkan Uji Kompetensi, UBSI Beri Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting via Daring

KARAWANG – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) memiliki program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi yang ada pada Fakultas Teknik dan Informatika. Prodi Sistem Informasi Akuntansi merupakan perpaduan dari 2 ilmu yaitu Sistem Informasi dan Akuntansi.

Pada ilmu sistem informasi, mahasiswa akan mempelajari bahasa pemrograman serta membentuk pola pikir sebagai sistem analis untuk merancang, mengembangkan dan menerapkan perangkat lunak akuntansi pada suatu perusahaan/organisasi. Sedangkan ilmu akuntansi mahasiswa akan mampu mengolah data-data akuntansi atau keuangan seperti kas, hutang-piutang, biaya produksi, gaji menjadi sebuah laporan akuntansi yang dibutuhkan oleh manajemen.

Mahasiswa prodi sistem informasi akuntansi akan lebih mendalam pengetahuannya bagaimana perangkat lunak akuntansi bekerja dan mampu menggunakan berbagai software akuntansi yang ada serta menganalisa laporan keuangan perusahaan.

Untuk itu, prodi Sistem Informasi Akuntansi di bawah Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan Webinar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting. Dengan Tema “Memahami Alur Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting”, Webinar ini diikuti seluruh mahasiswa Semester 2 (dua) gabungan dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Utama, Kampus Tegal, Kampus Bogor, Kampus Karawang, Kampus Sukabumi dan Kampus Pontianak dengan total peserta 164 mahasiswa pada Kamis, 22 Juli 2021 sekitar pukul 13.00-16.30 wib melalui media daring yaitu Zoom Cloud Meeting. Bertindak menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Lila Dini Utami, M.Kom dan dimoderatori oleh Sri Murni, M.Kom.

Dalam sambutannya, Dede Firmansyah, M.Kom selaku Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Karawang, webinar ini bertujuan untuk memberi bekal mahasiswa agar mempersiapkan diri mengikuti sertifikat Zahir, sehingga dalam pelaksanaanya berjalan lancar serta hasilnya lulus, sertifikat kompetensi sendiri, sebutnya akan dikeluarkan langsung oleh PT. Zahir Internasional.

Lebih jauh substansi dari Webinar ini sambung Dede, adalah menyampikan Juklak sertifikasi Zahir, latihan studi kasus serta teknis ujian sertifikasi seperti menggunakan Zahir versi 6.

“Ujian sertifikasi dilaksanakan dalam 2 skema yaitu skema ujian secara online dan dilaksanakan pada tanggal 23 – 31 Juli 2021 sedangkan ujian online dilaksanakan pada tanggal 27, 29, 31 Juli 2021 sesuai jadwal yang sudah di tentukan,” ungkapnya.

Dwi Agustiata, Peserta Webinar dalam kegiatan tersebut mengatakan, pembekalan sertifikasi zahir ini sangat bermanfaat sekali untuk plan mengikuti sertifikasi, paham bagaimana mengikuti rangkaian sertifikasinya dan lulus. “Ini penting dan bermanfaat, utamamya dalam perencanaan mengikuti sertifikasi,” ujarnya.

Sementara Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Utama, Adi Supriyatna M.Kom mengungkapkan, sertifikasi Zahir Accounting wajib diikuti oleh mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi sebagai bentuk pengakuan akan kemampuan dan kompetensinya dalam menganalisa dan mengolah data akuntansi serta mengoperasikan perangkat lunak akuntansi, khususnya Zahir untuk bekal terjun didunia kerja.

“Sertifikasi Zahir accounting ini penting di ikuti mahasiswa SIA, sebab jadi pengakuan dalam komoetensinya ketika menganalisa dan mengolah data akuntansi serta mengoperasikan perangkat lunak khususnya Zahir saat terjun di dunia kerja,” pungkasnya. (kie)

Artikel sebelumyaPengembang Kartika Residence Dipolisikan, Diduga Serobot Lahan Sepihak
Artikel berikutnyaUBP Karawang Lakukan KKN di Tengah Pandemi, Bantu Warga Desa Tegalsawah