Beranda Headline Top! Kontingen Jabar Kembali Juara Umum Porwanas XIII

Top! Kontingen Jabar Kembali Juara Umum Porwanas XIII

16
Kontingen Jawa Barat kembali meraih gelar juara umum di Porwanas XIII (Foto: Istimewa)

MALANG – Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Malang Raya, Jawa Timur resmi ditutup dengan Jawa Barat didapuk sebagai juara umum.

Kontingen Jabar mengamankan 10 medali emas, enam perak, dan empat perunggu sehingga memimpin klasemen akhir. Di bawahnya ada tuan rumah, Jawa Timur, dengan raihan tujuh emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Adapun di posisi ketiga ditempati Kalimantan Tengah yang membawa pulang tiga medali emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Kemenangan Jabar di ajang 3 tahun sekali ini bukan kali pertama. Pasalnya, Jabar berhasil 3 kali berturut-turut mempertahankan status juara umum.

Baca juga: Tiga Jurnalis Karawang Siap Tanding di Porwanas 2022 Cabor E-Sport

Dua pelaksanaan sebelumnya di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) pada 2013 dan kala menjadi tuan rumah Porwanas XII di Bandung pada 2016. Dengan kata lain, Jabar meraih hattrick atau juara umum tiga kali beruntun.

Atas capaian itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar berhak atas Piala Presiden yang selama ini diperebutkan, secara tetap.

Hal itu diungkapkan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, saat menutup rangkaian kegiatan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kota Mlang, Jumat (25/11) malam.

“Selamat kepada kontingen Jawa Barat, karena akhirnya merebut gelar juara umum. Karena ini hattrick, maka Jawa Barat berhak menguasai Piala Presiden,” ucap Atal.

Baca juga: Sekretaris POBSI Karawang Targetkan Medali di Porprov Jabar XIV

Atal menjelaskan, Piala Presiden yang akhirnya menetap di Jawa Barat itu sudah diperebutkan sejak 1983. Artinya, semenjak pelaksanaan Porwanas pertama, belum ada daerah yang juara umum tiga kali beruntun, kecuali Jabar pada saat ini.

“Berarti untuk Porwanas selanjutnya, kita akan mencetak lagi Piala Presiden yang baru. Mudah-mudahan desainnya lebih bagus. Yang diperebutkan sejak 1983 kondisinya sudah goyang,” kata Atal.

Pada kesempatan itu, Atal juga memuji panitia pelaksana Porwanas XIII karena sukses menyelenggarakan kegiatan meski ada sedikit riak. Menurutnya tak mudah menyelenggarakan di Malang Raya karena idealnya digelar di Surabaya.

Selain itu, dia juga berharap Porwanas bisa terus dipelihara karena merupakan forum silaturahmi antarwartawan se-Indonesia. “Untuk itu, saya sudah perintahkan Siwo (Seksi Wartawan Olahraga PWI) untuk melakukan evaluasi menyeluruh, baik dalam penyelenggaraannya, pertandingan, juga pesertanya,” ucap dia.

Kalau peserta, menurut dia, luar biasa. Aceh, contohnya, tetap datang meski diadang tanah longsor.

Mengenai penyelenggaraan selanjutnya, Atal mengatakan, tuan rumah belum ditetapkan. Menurutnya, sudah ada beberapa daerah yang ingin jadi tuan rumah. Di antaranya Aceh yang juga akan jadi tuan rumah PON 2024. Selain itu juga ada Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur yang berminat.

Euforia Jawa Barat

Kontingen Jawa Barat menyambut gembira keberhasilan mempertahankan status juara umum sehingga Piala Presiden akhirnya menetap.

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat, tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya karena target berhasil direalisasikan.

“Terima kasih teman-teman, Anda semua luar biasa. Kita tetap bisa (juara) di tengah keterbatasan,” ucap Hilman.

Hilman mengatakan distribusi medali emas sesuai dengan target yang ditentukan masing-masing cabang olahraga sebelum keberangkatan. Meski, memang, ternyata ada sedikit pergeseran.

Baca juga: Banyak Atlet Dibajak Kontingen Lain, KONI Karawang Buka Suara

“Yang mengejutkan adalah e-sport yang mampu menyumbang dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Padahal ini merupakan cabang baru, dan kita tak tahu kekuatan lawan. Futsal juga, meski mendapat perunggu, ini merupakan sejarah. Semoga ke depan bisa ditingkatkan menjadi emas,” ucap Hilman.

Sebagai apresiasi, Hilman memenuhi janjinya, yakni langsung menyerahkan uang “keperetan” sebesar Rp 5 juta untuk setiap keping medali emas yang berasal dari kantong pribadi.

“Sekali lagi terima kasih atas perjuangannya. Prestasi ini wujud kerja keras bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Siwo PWI Jabar, Brilliant Awal, juga menyampaikan rasa bangganya atas pejuangan atlet yang bertarung.

“Alhamdulillah, kita membawa pulang lagi Piala Presiden, dan bahkan piala ini tak akan ke mana-mana, akan selalu ada di lemari Kantor PWI Jawa Barat. Semua berkat semangat dan kerja keras seluruh anggota kontingen Jabar dan doa anggota PWI Jabar,” ucapnya.

Jawa Barat pada Porwanas kali ini mengikuti cabang olahraga bulu tangkis, atletik, biliar, futsal, bridge, catur, e-sport, tenis meja, tenis lapangan, karya tulis, dan fotografi.

Selain itu, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) PWI Jabar juga turun di ekshibisi karaoke dan tenis meja. Bahkan, IKWI PWI Jabar meraih medali emas di karaoke.

Artikulli paraprakDPRD Karawang Segera Paripurnakan Raperda Penanganan TBC
Artikulli tjetërTesnika Juarai Seluruh Cabang Lomba di Semarak Bulan Bahasa Unsika