Beranda News Tekan Kasus Stunting, Plt Bupati Karawang Imbau Masyarakat Gemar Makan Ikan

Tekan Kasus Stunting, Plt Bupati Karawang Imbau Masyarakat Gemar Makan Ikan

36
Bupati Karawang, Aep Syaepuloh (Foto: Ist)

KARAWANG – Plt Bupati Karawang, Aep Saepulloh menghimbau masyarakat untuk gemar makan ikan karena bisa menurunkan angka stunting.

Himbauan ini disampaikan Aep saat kegiatan sosialisasi gerakan makan ikan untuk mencegah stunting yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Karawang.

“Di kegiatan hari ini saya menyatakan dan mengajak seluruh masyarakat Karawang, khususnya yang wilayah stuntingnya masih tinggi agar diwajibkan untuk makan ikan,” imbaunya pada Kamis, 30 November 2023.

Baca juga: Plt Bupati Karawang Menangis Saat Ceritakan Perjuangan Penyandang Disabilitas

Ia mengatakan, makan ikan cukup berdampak terhadap penurunan stunting, sebab gizi dan protein yang terdapat pada ikan kandungannya cukup tinggi.

“Stunting ini bukan hanya musuh keluarga, tapi musuh kita semua,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap seluruh OPD turut membantu dalam menurunkan angka stunting. Menurutnya, penanganan stunting di Karawang saat ini sudah bagus, tetapi masih kurang dalam segi administrasi.

Baca juga: DPRD Karawang Mediasi Perselisihan Hubungan Industrial PT Chiyoda Integre Indonesia dengan Serikat Pekerja

“Jangan hanya seremonial-seremonial saja, tapi harus ada tindakan lanjut yang nyata dan berkelanjutan juga,” tegasnya.

“Tapi saya pikir administrasi itu dianggap mungkin sedikit sepele. Padahal kabupaten lain pada merujuk dan melihat Karawang. Aksi harus jelas, pelaporan juga jelas,” tambahnya.

Aep menggarisbawahi, penurunan stunting harus dilakukan secara bersama-sama dan masyarakat juga harus ikut serta dalam gerakan makan ikan agar stunting bisa menurun.

“Jadi besar harapan, mudah-mudahan seluruh OPD turut membantu, dan masyarakat harus selalu diajak serta diingatkan,” pungkasnya.