Beranda Kesehatan Rambut Kamu Cepat Rusak? Hindari 5 Kebiasaan Ini

Rambut Kamu Cepat Rusak? Hindari 5 Kebiasaan Ini

3
Rambut rusak
Ilustrasi Rambut Rusak (Foto: Istimewa/net.)

beritapasundan.com – Menjaga kesehatan rambut memang tidak bisa sembarangan. Kebiasaan baik dengan menjaga rambut sehat dapat membuat rambut menjadi lebih indah.

Tapi terkadang orang sering sekali abai, bahkan sampai melakukan kebiasaan yang tanpa sadar malah merusak kesehatan rambut.

Kebiasaan Merusak Kesehatan Rambut

Mengutip Hindustan Times, salah Satu Pendiri dan Direktur Dermatologi di Cureskin dr. Charu Sharma, membahas beberapa kesalahan umum yang harus dihindari agar rambut tetap indah. Berikut penjabarannya:

Baca juga: 3 Manfaat Racikan Kopi dengan Bubuk Cokelat, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

1. Keramas berlebihan

Menggunakan shampo setiap hari dapat mengganggu produksi minyak alami kulit kepala, menyebabkan kekeringan dan kerusakan yang lebih parah.

Sharma menyarankan sebaiknya keramas dengan lembut dan bersihkan rambut Anda 2-3 kali seminggu saja.

2. Jarang Gunakan Kondisioner

Kondisioner seringkali terlupakan saat selesai keramas. Padahal kondisioner membantu mengembalikan kelembapan, mengurai rambut kusut, dan melindunginya dari kerusakan. Selalu gunakan kondisioner setelah keramas, dengan fokus pada bagian tengah hingga ujung rambut.

3. Menggunakan air panas

Air yang terlalu panas saat keramas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan rambut, sehingga membuatnya kering dan rapuh.

Sebaliknya, gunakanlah air yang lebih hangat saat mencuci dan membilas rambut agar rambut tidak mudah rapuh.

Baca juga: Manfaat Racikan Kopi Dicampur Kayu Manis, Terbukti Baik Untuk Tubuh

4. Menata Rambut Berlebihan

Saat menata gaya rambut, menarik rambut secara terus-menerus dengan kuncir kuda atau kepang yang ketat dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan kerontokan rambut yang disebut traksi alopecia.

Agar rambut tidak ‘tersiksa’ karena penataan yang terlalu ketat, pilihlah gaya yang lebih longgar atau kendurkan gaya yang ketat sepanjang hari.

5. Perawatan kimiawi

Walaupun highlight atau pelurusan sesekali bisa menyenangkan, seringnya penggunaan bahan kimia keras seperti pengeritingan atau pelemas rambut dapat melemahkan rambut seiring waktu.

Pertimbangkan metode penataan rambut alternatif atau diskusikan pilihan yang lebih lembut dengan penata rambut Anda. (*)