Beranda Headline PWI Karawang Soroti Perkembangan AI dalam Dunia Jurnalistik

PWI Karawang Soroti Perkembangan AI dalam Dunia Jurnalistik

6
Peringatan Hari Pers Nasional di Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang menggelar seminar nasional dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ke 78.

Seminar nasional tersebut mengangkat tema ‘AI dalam Jurnalistik, Peluang atau Ancaman?’, digelar di Hotel Mercure Karawang pada Rabu, 6 Maret 2024.

Ketua PWI Karawang, Aep Saepulloh menyampaikan, tema perihal teknologi Artifisial Intelejen (AI) diangkat karena para jurnalis turut resah dengan keberadaan teknologi canggih ini.

Namun, mau tidak mau sebagai insan media, jurnalis harus tetap bisa mengikuti perkembangan jaman dan menghadapi setiap tantangan yang kompleks.

Baca juga: Bawaslu Karawang Telah Maksimalkan Pengawasan Saat Tungsura

“Melalui seminar ini kami berpesan kepada seluruh wartawan agar tetap kritis, tidak malas melakukan cek and ricek dan turun ke lapangan,” ujarnya

Ia berpesan kepada seluruh jurnalis di Kabupaten Karawang untuk tetap menjunjung nilai-nilai kritis, dan memanfaatkan AI sebijak mungkin.

“Jangan sampai kecanggihan teknologi membuat kita malas melakukan tugas-tugas jurnalistik,” tambahnya.

Di samping itu, Bupati Karawang, Aep Syaepuloh dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh insan pers di Karawang yang sudah mengabdi dan bekerja keras untuk mengedukasi masyarakat.

Baca juga: Lantik Pengurus MWCNU Rawamerta, Begini Pesan Ketua PCNU Karawang

Ia menegaskan, jurnalis atau pewarta Karawang sudah sepatutnya mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya.

“Semoga di Hari Pers Nasional ini insan pers khususnya di Karawang semakin profesional dalam menyajikan berita serta berkontribusi dalam membangun Kabupaten Karawang,” pungkasnya.

Dalam acara ini, PWI Karawang mengundang 3 pembicara yang terdiri dari pakar AI (Dandi S Pajar Dosen Jurnalistik UNPAD), pakar hukum (Imam BS Dekan Fakultas Hukum Unsika) dan praktisi media nasional (Laksono H W, Managing Editor Digital Strategi Kompas.com).

Peserta yang diundang dalam acara ini antara lain para jurnalis di Kabupaten Karawang, humas instansi hingga mahasiswa-mahasiswi di beberapa kampus Karawang.