Beranda Ekonomi & Bisnis PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Resmi IPO, Harga Rp820-945 per Saham

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Resmi IPO, Harga Rp820-945 per Saham

68
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- PT Pertamina Geothermal Energy Tbk resmi menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 10,35 miliar saham biasa atau 25 persen dari modal ditempatkan dengan nilai nominal Rp 500,- setiap saham.

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk sendiri akan menggunakan kode (PGEO). Perseroan sendiri membandrol harga saham  kepada masyarakat pada rentang harga Rp. 820-945 setiap saham.

Jumlah seluruh nilai Penawaran Umum Perdana Saham ini adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp 9.780.750.000.000,- (sembilan triliun tujuh ratus delapan puluh miliar tujuh ratus lima puluh juta Rupiah)

Baca juga: Dear Investor Pemula! Catat 7 Hal yang Harus Dipahami Sebelum Investasi

Penjamin pelaksana efek terdiri dari PT CLSA Sekuritas Indonesia, PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas

Mengutip dari prospektus perseroan, seluruh dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham setelah dikurangi seluruh biaya-biaya emisi saham, akan dialokasikan oleh Perseroan untuk:

Sekitar 85% (delapan puluh lima persen) akan digunakan untuk pengembangan usaha Perseroan sampai dengan tahun 2025 yang terdiri dari:

Sekitar 55% (lima puluh lima persen) akan digunakan untuk capital expenditure (CAPEX) atau investasi pengembangan kapasitas tambahan dari WKP operasional Perseroan saat ini yang dilakukan melalui pengembangan konvensional dan utilisasi co-generation technology untuk memenuhi permintaan tambahan dari pelanggan existing Perseroan.

Baca juga: Tegas! Jokowi Tak Gentar Digugat ke WTO Imbas Larang Ekspor Bijih Nikel

Sekitar 33% (tiga puluh tiga persen) akan digunakan untuk capital expenditure (CAPEX) atau investasi pengembangan kapasitas tambahan dari WKP operasional Perseroan saat ini yang dilakukan melalui pengembangan konvensional dan utilisasi co-generation technology untuk mengantisipasi kebutuhan pasar baru.

Sekitar 12% (dua belas persen) akan digunakan oleh Perseroan untuk capital expenditure (CAPEX) atau investasi pengembangan kemampuan digital, analitik, dan manajemen reservoir untuk mendukung production, operation & maintenance
excellence.

Jadwal IPO Pertamina Geothermal Energy
  • Masa Penawaran Awal : 1 – 9 Februari 2023
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 16 Februari 2023
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 20 – 22 Februari 2023
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan : 22 Februari 2023
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 23 Februari 2023
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Efek di Bursa Efek Indonesia : 24 Februari 2023