Beranda Ekonomi & Bisnis Presiden Jokowi Apresiasi IHSG Tumbuh Positif di Tengah Gejolak Ekonomi Global

Presiden Jokowi Apresiasi IHSG Tumbuh Positif di Tengah Gejolak Ekonomi Global

33
Presiden Jokowi saat membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Pesiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2023, di Gedung BEI, Jakarta, Senin (02/01/2023) pagi.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan sepanjang tahun 2022, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu tumbuh positif di tengah penurunan yang dialami oleh bursa di negara lain.

“Kita juga patut bersyukur bahwa indeks di tahun 2022 itu mengalami kenaikan 4,1 persen dibandingkan bursa-bursa di negara-negara lain yang mengalami penurunan yang sangat tajam,” kata Jokowi seperti dilansir dari setkab.go.id, Senin (2/1/2022)

Baca juga: BPS Catat Inflasi Desember 2022 Capai 0,66 Persen, Tertinggi dari Periode Sebelumnya

Mantan Walikota Solo ini juga mengapresiasi perdagangan saham yang mampu mencatatkan pertumbuhan dengan ditandai IHSG tumbuh positif di tengah gejolak perekonomian global.

“Market cap (kapitalisasi pasar) juga tumbuh 15 persen sampai di angka Rp9.499 triliun. Ini juga bukan sebuah angka yang kecil, angka yang besar di tengah turbulensi ekonomi global di tahun 2022,” ujarnya.

Tak sampai disitu, menurut Jokowi sebanyak 55 persen investor di bursa saat ini adalah generasi muda di bawah 30 tahun dan 70 persen di bawah 40 tahun.

Baca juga: Kinerja Perekonomian Indonesia Tahun 2022 Relatif Baik, Begini Penjelasan Menkeu

“Artinya, prospek ke depan betul-betul masih sangat menjanjikan,” ujarnya.