Beranda Ekonomi & Bisnis Permudah Pinjaman Modal UMKM, Dinkop Karawang Luncurkan Program Kopi Luwang

Permudah Pinjaman Modal UMKM, Dinkop Karawang Luncurkan Program Kopi Luwang

57
Dinkop Karawang Luncurkan Kopi Luwang (Foto: El)

KARAWANG – Guna memudahkan pelaku UMKM dalam berwirausaha, Dinas Koperasi (Dinkop) Kabupaten Karawang launching program Kopi Luwang (Koperasi Pinjaman Lunak Warga Karawang) di Kantor Bupati Lantai 3, Jum’at (24/2/2023).

Rohman, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkopukm) Karawang menjelaskan, Kopi Luwang adalah program pinjaman lunak yang dikhususkan untuk membantu pelaku UMKM.

“Jadi intinya, kita di sini akan memfasilitasi para pelaku UMKM yang ada di sekitar koperasi simpan pinjam (ksp). Jadi nanti ksp yang udah tergabung punya kewajiban memberikan bantuan dana untuk kurang lebih 10 orang,” jelasnya.

Ia memaparkan, untuk mempermudah pelaku UMKM, mereka hanya akan dikenai bunga 3 persen per tahun tanpa ada potongan asuransi atau apapun.

Baca juga: BPBD Karawang Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Sampai Akhir Maret

“Bunganya 3 persen per tahun, jadi kalo mereka dapet 3 juta, ya full 3 juta. Tanpa agunan, potongan asuransi atau apapun,” jelasnya.

Sementara itu, pihak Dinkop akan tetap melakukan pembinaan, membantu para pelaku UMKM agar bisa bertumbuh kembang.

“Kita tidak lepas tangan, setelah diberikan pinjaman, kita minta ke ksp-ksp untuk mengirimkan data siapa saja yang dapat. Kita bina untuk tumbuh kembang, permasalahannya apa, pemasarannya bagaimana, kita bantu bina,” ujar Rohman.

Rohman menambahkan, berhubung ini baru vailed project, jadi pihaknya baru mengundang 50 orang, 10 kopkar (koprasi karyawan) dan 50 koperasi simpan pinjam.

Baca juga: Cerita Lucu Saat Damkar Karawang Diminta Usir Jin di Toilet Rumah Warga

Ia berharap, ksp yang saat ini sudah tergabung, bisa menjadi embrio agar ksp yang lain bisa mengikuti.

“Jumlah ksp di Karawang ini kan sampai kurang lebih 1000, nanti kita buat surat imbauan agar ksp yang lain ikut program kopi luwang ini,” tandasnya.

Di samping itu, Wakil Bupati Aep Syaepulloh mengatakan, program kopi luwang ini bisa memberikan bantuan dan efek yang sangat luar biasa.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kadis Dinkop atas komitmen yang sangat luar biasa, semoga efek dominonya bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya

Baca juga: Kecewa Soal Dana Hibah, Ratusan Warga Karawang Demo Bupati Cellica

“Dari kopi luwang ini, penjual gorengan, penjual mainan, hingga penjual es bisa terbantu. Pinjamannya benar-benar sangat lunak,” katanya.

Wabup menghimbau kepada ksp yang belum bergabung, untuk kedepannya ikut bersinergi bersama dan mengikuti program kopi luwang ini.

“Kita harap ksp yang belum tergabung, kedepannya bisa sinergi bersama Pemda. Intinya bagaimana kita bisa memberikan nilai-nilai manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.