Beranda News Pengusaha Mikro Harus Bangkit di Tengah Pandemi

Pengusaha Mikro Harus Bangkit di Tengah Pandemi

16

BEPAS – Masa krisis ini menjadi momen yang tepat bagi pemilik UMKM untuk memperbaiki kualitas produk ataupun layanannya dan berusaha bangkit kembali untuk mengembangkan strategi penawaran produk barang atau jasa yang menjadi basis bisnisnya. Ada beberapa produk bisnis UMKM yang terkena imbas dari pandemi Covid-19 ini di antaranya para pelaku bisnis UMKM dalam hal ini bisnis bakso.

Bakso merupakan jenis makanan lintas generasi. Mulai dari yang kecil, muda, bahkan tua hampir semuanya suka dengan bakso. Karena memiliki rasa khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, maka tidak heran jika semua masyarakat suka makan bakso.

Fakta inilah yang membuat peluang usaha bakso semakin dilirik oleh pengusaha. Di samping modal yang dibutuhkannya tidak terlalu besar, karyawan usaha bakso pun tidak membutuhkan pelatihan ekstra dalam waktu yang lama. Selain itu, makanan bakso pun sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai bentuk kreasi.

Ketika ditemui tvberita.co.id, Supriyadi selaku Ketua Paguyuban Pengusaha Mie dan Bakso Karawang yang juga pelaku bisnis bakso di Karawang dengan brand Bakso Malang Mas Pri menjelaskan, peluang usaha bakso harus disikapi dengan baik dan benar. Salah satu langkahnya adalah membekali diri dengan cara membuat bakso yang spesial dan mampu membuat kreasi berbeda dengan penjual lainnya.

Sekilas memang tidak ada yang berbeda dalam membuat bakso. Akan tetapi, kenapa banyak yang sukses dari bisnis usaha bakso. Jawabannya terletak pada kreatifitas pengusaha dalam membuat variasi olahan bakso. Baik dari segi bentuk bakso, hingga tambahan dalam proses penyajian.

Ia juga mengatakan bahwa selama pandemi covid 19 melanda bisnisnya juga terkena imbas dengan menurunnya omzet penjualan. Ia tidak patah semangat di kala pandemi melanda, bahkan ia juga menyarankan kepada pelaku bisnis mikro terutama para pedagang mie dan bakso agar selalu eksis dalam berbisnis dan harus tetap kreatif dalam menjalankan usaha.

“Semoga nanti setelah pandemi ini pelaku UMKM bisa lebih eksis lagi untuk mengembangkan usahanya. Pada intinya kesuksesan usaha bakso sangatlah ditentukan oleh seberapa besar kreativitas kita dalam mengembangkan bisnis bakso tersebut.”

“Semakin kita berpatokan dengan pesaing maka kita tidak akan mendapat tempat di hati konsumen. Kuncinya adalah, kita harus berpikir lebih kreatif daripada pesaing jika ingin merasakan untung besar,” tutupnya. (paj/red)