Beranda Headline Pemerintah Pusat Kucurkan 800 Miliar untuk Perbaikan 15 Ruas Jalan di Lampung

Pemerintah Pusat Kucurkan 800 Miliar untuk Perbaikan 15 Ruas Jalan di Lampung

102
Presiden Jokowi tinjau beberapa ruas jalan rusak di Lampung.(Foto: Istimewa)

LAMPUNG- Presiden Joko Widodo meninjau langsung jalan rusak di Lampung yang menjadi bahan perbincangan publik akhir-akhir ini.

Presiden Jokowi mengungkapkan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR akan segera memperbaiki sejumlah jalan rusak di Lampung.

“Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi, baik jalan kabupaten, baik jalan provinsi, baik jalan kota yang rusak parah,” ujar Presiden di Jalan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, Jum’at (5/5/2023)

Baca juga: Lepas Kontingen ke SEA Games Kamboja, Presiden Jokowi Beri Target 2 Besar

Menurut Presiden, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing, yaitu pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota. Meskipun demikian, Presiden menjelaskan bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung.

“Tetapi ini karena memang sudah lama ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” imbuhnya.

Untuk memperbaiki infrastruktur jalan tersebut, Presiden menuturkan bahwa pada tahun ini pemerintah pusat akan secara khusus mengucurkan anggaran sebesar kurang lebih Rp800 miliar untuk Lampung. Biaya tersebut akan mencakup perbaikan 15 ruas jalan dan akan dimulai tahap pembangunannya pada bulan Juni setelah proses lelang dilakukan.

“Begitu saya lihat tadi, saya sudah perintahkan Pak Menteri PU untuk lelang, tapi juga nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawabnya Pak Gubernur, ada yang tanggung jawabnya Bapak/Ibu Bupati yang ada di sini. Jangan semuanya pemerintah pusat,” jelasnya.