Beranda News MPP Kota Bogor Siap Diresmikan

MPP Kota Bogor Siap Diresmikan

32
Sumber : Humas Bogor

BOGOR, BEPAS– Deputi Bidang Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Diah Natalisa meninjau langsung lokasi penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Grha Tiyasa di Lippo Plaza Keboen Raya, Kecamatan Bogor Tengah, Senin (19/08) pagi. Kunjungan kali kedua ini pun didampingi Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim beserta jajaran dan staf.

 

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa mengatakan, ada 145 jenis layanan publik yang ada di Lippo Plaza Keboen Raya ini. Mulai dari mengurus administrasi, membayar pajak, izin usaha, paspor, SIM hingga mengurus dokumen pernikahan yang dapat ditangani hanya dalam satu atap.

“Saya sudah tinjau langsung lokasi yang akan digunakan untuk pusat pelayanannya. Lokasinya cukup strategis, cukup baik dan nyaman. Saat ini sudah ada 17 mal pelayanan publik yang ada di Indonesia dan beberapa yang sudah pada tahap bimbingan termasuk Kota Bogor,” ujar Diah usai mengunjungi lokasi MPP di Lippo Plaza Keboen Raya.

Sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, sambung Diah, Nawacita Presiden RI bahwa negara harus hadir serta menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Tujuan hadirnya MPP ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal pelayanan.

“Jadi semacam one stop service area, dimana berbagai jenis pelayanan dapat diterima oleh masyarakat di satu lokasi. Dan tidak hanya pelayanan yang ada di Pemkot Bogor, akan tetapi ada juga layanan diluar instansi Pemkot Bogor, seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Layanan BJB, Layanan SKCK, Layanan Surat Kehilangan, Layanan Bea Cukai, Layanan Imigrasi dan Kemenag,” katanya.

Menurut Diah, ada banyak kemajuan yang nampak dari Kota Bogor. Hal itu tentunya tidak terlepas dari komitmen dan dukungan serta peran dari pimpinan daerah, dalam hal ini Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim.

“Ini kali kedua saya datang ke Kota Bogor, dalam artian khusus untuk melihat kesiapan penyelenggaraan MPP. Saya lihat kemajuan yang sangat baik dan luar biasa komitmen dari pimpinan daerah dalam hal ini Wali Kota Bogor dan seluruh jajarannya,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menambahkan, rencananya MPP akan diresmikan pada 26 Agustus 2019 mendatang. Pada saat peresmian nantinya, dijadwalkan akan hadir Menteri PAN RB.

“Jadi kita ingin ke depan MPP Kota Bogor ini menjadi role model sistem pelayanan publik daerah-daerah lain se-Jawa Barat. Sejak tanggal 1 Agustus kemarin MPP Kota Bogor sudah melakukan uji coba, menampung banyak saran dan masukan, baik dari masyarakat maupun Kementerian. Pada intinya kita siap untuk meresmikannya nanti,” tegasnya.(hms/red)

Artikulli paraprakWacana Perbaikan Jembatan Unsika Molor, Warga Minta Kepastian
Artikulli tjetërPedagang Atribut PKKMB Mulai Ramaikan Area Kampus