Beranda News Miris, Sekitar 600 KK di Dusun Ondang Cilamaya Wetan Tak Miliki MCK,...

Miris, Sekitar 600 KK di Dusun Ondang Cilamaya Wetan Tak Miliki MCK, Warga Terpaksa BAB di Selokan

KARAWANG – Masyarakat di Dusun Ondang, Desa Tegal Waru, Kecamatan Cilamaya Wetan Karawang yang berpenghasilan menengah ke bawah tidak memiliki MCK untuk Buang Air Besar (BAB), ada sekitar 600 KK di dusun tersebut yang memanfaatkan parit atau selokan untuk BAB.

Kepala Dusun Ondang 1, Tarlim membenarkan kondisi masyarakat nya memang tidak memiliki MCK, bahkan kekurangannya air yang layak di konsumsi.

“Kami juga ingin seperti di desa atau di kota-kota lain yang masyarakat nya sehat dan lingkungannya bersih, yang pertama mengenai fasilitas MCK untuk BAB yang sangat minim, kedua mengenai kekurangan air bersih, karena disini air nya asin,” kata Tarlim, Selasa (12/10/2021)

Tarlim juga menambahkan jika dilihat dari segi kebersihan, masyarakat di dusun tersebut sangat tidak layak karena masih banyak masyarakat yang BAB di selokan.

“Apa yang saya bicarakan ini benar adanya, bahwa hampir 600 KK tidak memiliki MCK dan kekurangan air yang layak di konsumsi, selain itu juga kami berharap kepada para donatur untuk mau membantu mewujudkan keinginan masyarakat dusun Ondang untuk memiliki WC umum dan sumur wakaf, air bersih dan MCK, itu harapan masyarakat kami,” ujarnya.

Tim ACT Karawang, Rian juga mengungkapkan bahwa kondisi di Ondang 1, Desa Tegalwaru, Cilamaya Wetan memang sangat mengkhawatirkan, bahkan saat relawan ACT mengunjungi lokasi, banyak warga yang BAB di parit atau selokan yang airnya tidak mengalir.

“Sangat prihatin melihat kondisi masyarakat disana, sangat jauh dari kata bersih, kami dari ACT juga sedang menggalang dana untuk membangun MCK dan sumur wakaf, semoga banyak para dermawan yang mau berbagi rezeki untuk mewujudkan apa yang di harapkan masyarakat disana,” pungkasnya. (ddi)

Artikel sebelumyaAnggi, Satu-Satunya Perempuan di Jajaran Unsur Pimpinan DPRD Karawang
Artikel berikutnyaPCNU Karawang Akan Rayakan HSN 2021 dengan Gelar Bazar Ekraf dan Perlombaan