Beranda News Mengenal 5 Hewan yang Aktif di Musim Hujan

Mengenal 5 Hewan yang Aktif di Musim Hujan

70
Seekor ular sedang berada di air (Foto: Pixabay)

Beritapasundan.com – Di Indonesia bulan Desember adalah musim penghujan, setiap musim tentunya memiliki dampak bagi kehidupan alam termasuk hewan.

Tahukah kalian, sebagian hewan cenderung mengurangi aktivitas mereka saat hujan turun. Tetapi, ada juga jenis hewan yang justru lebih aktif selama periode penghujan.

Untuk menambah pengetahuan, berikut jenis hewan yang aktif saat musim hujan:

Katak dan Kodok

Hewan-hewan ini seringkali menjadi simbol musim hujan. Hujan adalah sinyal bagi mereka untuk berkembang biak. Katak dan kodok aktif keluar dari persembunyian mereka untuk mencari pasangan dan tempat bertelur saat musim penghujan.

Cacing Tanah

Air hujan yang meresap ke tanah membuat cacing tanah keluar dari lubangnya. Mereka memanfaatkan kondisi lembab ini untuk mencari makanan dan bergerak dipermukaan tanah dengan lebih mudah dibandingkan saat musim kemarau.

Serangga

Beragam serangga, seperti semut, kupu-kupu, lalat, dan serangga lainnya seperti kungkang lebih aktif saat musim hujan. Mereka mengambil kesempatan dari kelemahan udara yang tinggi untuk mencari makanan dan melakukan aktifitas reproduksi.

Burung

Meskipun beberapa burung mungkin berteduh saat hujan turun lebat, namun ada juga burung yang aktif mencari makanan saat musim hujan. Sebab hujan membawa serangga ke permukaan, sebagian burung pemakan serangga tentu akan lebih banyak menyantap makanan disaat musim hujan.

Ular dan Amfibi

Beberapa jenis ular dan amfibi seperti belut dan ular air keluar dari persembunyian mereka saat hujan. Air hujan bisa meningkatkan kelembaban disekitar mereka, membuatnya lebih nyaman untuk beraktivitas.

Musim hujan memberikan kesempatan bagi banyak hewan untuk beradaptasi dan memanfaatkan kondisi lingkungan. Meskipun ada yang lebih suka berlindung, ada juga yang memanfaatkan kelembaban musim hujan karena kondisi tersebut lebih baik untuk keberlangsungan hidup mereka.