Beranda Kesehatan Mengandung Antioksidan, Ini 8 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Mengandung Antioksidan, Ini 8 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

23
Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (Foto: Pixabay)

Beritpasundan.com- Siapa yang tak kenal dengan tanaman kunyit, masyarakat biasanya menggunakan kunyit sebagai rempah berbagai masakan atau bisa digunakan jamu.

Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara, kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai batang semu yang dibentuk dari pelepah daun-daunnya.

Dilansir dari kemkes.go.id, Kunyit memberikan beberapa kandungan bermanfaat bagi tubuh. Yaitu kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.

Baca juga: Mengandung Antibiotik Alami, Ini 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Dengan adanya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga dapat di konsumsi sesuai dengan takaran. Mari kita simak penjelasan manfaat kunyit untuk kesehatan :

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.
  2. Mengobati Radang
    Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten.
  3. Mengurangi Rasa Mual
    Kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut terasa ringan dan lega
    sehingga mengurangi rasa mual.
  4. Mengatasi Perut yang Kembung
    Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.
  5. Mengurangi Nyeri saat Haid
    Bagi wanita yang mengalami haid, terkadang perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan pasti sudah tidak asing dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim. Kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.
  6. Mengobati Metastasis Kanker
    Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker, Anda dapat gunakan kunyit putih. Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.
  7. Obat Alergi
    Terdapatnya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.
  8. Mengobati Maag
    Jika sedang mengalami nyeri maag, Anda dapat mencoba mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuh gejala maag.
    Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan