Beranda News Masyarakat Diajak Tingkatkan Kepedulian dan Deteksi Dini Gangguan Penglihatan

Masyarakat Diajak Tingkatkan Kepedulian dan Deteksi Dini Gangguan Penglihatan

13

BEPAS, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok terus melakukan edukasi ke masyarakat terhadap pencegahan gangguan penglihatan. Masyarakat pun diajak meningkatkan kepedulian dan deteksi dini terhadap gangguan penglihatan pada organ mata.

“Guna memperingati Hari Penglihatan Sedunia Tahun 2019, Dinkes ajak masyarakat lakukan deteksi dini gangguan penglihatan di Puskesmas,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita kepada depok.go.id, Jumat (11/10/2019).

Lebih lanjut, ucapnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan penglihatan. Antara lain dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang berwarna serta menerapkan perilaku membaca yang benar yaitu dengan posisi duduk, penerangan yang cukup, dan mengistirahatkan mata selama satu hingga dua jam.

“Juga harus menggunakan kaca mata pelindung, dan melindungi mata saat melakukan pekerjaan yang berpotensi mengakibatkan cedera pada mata,” jelasnya.

Terakhir, ia berpesan kepada masyarakat di Depok untuk rutin memeriksa matanya jika mengalami gangguan. Dengan begitu, segala gangguan mata dapat segera ditangani dengan cepat.

“Jadi bisa segera dilakukan penyembuhan agar tidak terganggu aktivitas kita,” pungkasnya. (hms)