Beranda News Maksimalkan Efek Ekor Jas Anies, Partai NasDem Karawang Targetkan 6 Kursi di...

Maksimalkan Efek Ekor Jas Anies, Partai NasDem Karawang Targetkan 6 Kursi di Pileg 2024

109
Ketua DPD Partai NasDem Karawang, Dian Fahrud Jaman bersama Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

KARAWANG – Partai NasDem Karawang menyiapkan strategi khusus guna memaksimalkan raihan Pemilu 2024. Strategi ini terutama memaksimalkan coat-tail effect atau efek ekor jas dari Anies Baswedan hingga optimalisasi mesin politik.

Khusus Pemilihan Legislatif (Pileg), DPD NasDem Karawang menargetkan perolehan 6 kursi DPRD Karawang pada di Pileg 2024 mendatang.

Ketua NasDem Karawang, Dian Fahrud Jaman mengatakan, NasDem menargetkan perwakilan calon di setiap daerah pemilihan (dapil) bisa meraih kursi.

Baca juga: Jagokan Anies di Pilpres 2024, Elektabilitas Partai NasDem Terus Naik Terasa Sampai Karawang

Pasalnya, Pileg menjadi starting point NasDem untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kenapa pileg menjadi penting? Karena kami tidak mau terlalu santai menyikapi 2024 di Februari besok. Makanya kami betul-betul mengkomposisikan para bacaleg yang betul-betul siap turun,” papar Dian, Rabu (1/3/2023).

Dian menyampaikan bahwa saat ini NasDem sedang melakukan pembekalan bakal calon anggota DPRD Karawang periode 2024-2029.

Baca juga: Safari Politik Ala Anies Baswedan, Cicipi Soto Gempol Hingga Durian Loji Karawang

Caleg yang ditawarkan NasDem, menurutnya adalah caleg yang memiliki potensi kapasitas dan kapabilitas. Caleg tersebut harus memiliki basis elektoral dan popularitas yang dikenal oleh masyarakat.

“Kami sangat selektif dalam mencari caleg itu, sekurang-kurangnya punya pengalaman mantan kepala desa, yang memiliki masa dan efek elektoral di daerahnya. Nilai jualnya itu,” tuturnya.

“Kami tidak mau membuang-buang waktu, kemarin 14 Februari sudah di-launching kan, 1 tahun itung mundur untuk pemilu. Dari saat-saat itu juga kami sudah melakukan konsolidasi sampai ke tingkat daerah,” sambung Dian.

Baca juga: Fraksi Partai NasDem Dorong Sistem Proporsional Terbuka Dipertahankan

Dian optimis Partai NasDem mampu meraup perolehan suara secara maksimal. Apalagi di Pilpres, NasDem mengusung Anies Baswedan.

Sosok Anies dinilai mampu membawa coat-tail effect atau efek ekor jas bagi NasDem, termasuk di Karawang.

“Dengan adanya dukungan Pilpres ini, setidaknya akan ada efek ekor jas di NasDem-nya. Dan kami berharap ada sebuah efek ekor jas yang bisa meningkatkan efek elektoral partai Nasdem di Karawang,” imbuh Dian. (*)