Beranda Headline KPU Karawang Tetapkan Pemenang Pilkada

KPU Karawang Tetapkan Pemenang Pilkada

BEPAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menetapkan pasangan dr Cellica Nurrachadiana – Aep Syaepuloh sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karawang terpilih, Kamis (21/01). Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Aula kantor KPU Karawang.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid mengatakan, awalnya pihaknya akan melakukan pleno serentak Rabu (20/1). Namun surat KPU RI perihal penetapan pasangan calon terpilih yang berdasarkan BRPK dari MK RI baru diterima Rabu, 20 Januari malam hari.
Sehingga baru bisa ditetapkan dan untuk Jawa Barat penetapan dilakukan serentak hari ini.

“Dalam BRPK tersebut, Pilkada Karawang tidak ada perselisihan hasil pemilihan. Sehingga berdasarkan itu kami menetapkan hasil pemilihan,”katanya.

Pasangan Cellica – Aep ditetapkan dengan Keputusan KPU Karawang Nomor 02/HK.04.1.Kpt/3215/KPU-Kab/I/2021.

Dijelaskan, setelah penetapan KPU Karawang akan mengirim surat ke DPRD Karawang untuk diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebagai dasar untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Karawang hasil Pilkada 2020.

Acara rapat pleno digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiarkan langsung melalui chanel youtube KPU Karawang. Turut hadir dalam rapat pleno dari KPU Provinsi Jabar, Bawaslu Jabar, Bawaslu Karawang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Liaison officer (LO) dari paslon dr Yesi Karya Lianti – Adly Fayruz dan LO paslon dr Cellica Nurrachadiana – Aep Syaepuloh.

Seperti diketahui dalam Pilkada Karawang Tahun 2020, pasangan nomor urut 1 Yesi Karya Lianti – Adly Fayruz mendapatkan 129.547 suara atau 11,459 persen. Pasangan nomor urut 2 dr Cellica Nurrachadiana – Aep Syaepuloh 678.871 suara atau 60,052 persen. Pasangan nomor urut 3 Ahmad Zamaksyari – Yusni Rinzani mendapatkan 322.046 suara atau 28,487 persen. (kb1)