Beranda Uncategorized KKN UBP Tegalsawah : KKN Online dan Bantu UMKM Milik Warga Desa

KKN UBP Tegalsawah : KKN Online dan Bantu UMKM Milik Warga Desa

Universitas Buana Perjuangan Karawang kembali melakukan kegiatan KKN 2021 secara Online yang tahun ini mengangkat tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Era New Normal”. KKN Online 2021 dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai 01 Juli 2021 sampai dengan 31 Juli 2021yang mana Pembukaan KKN Online 2021 juga telah di laksanakan secara daring via zoom dan live youtube pada link http://bit.ly/pembukaankkn-2021 .

Peserta yang terlibat dalam KKN Desa Tegalsawah berjumlah tujuh belas mahasiswa dari berbagai prodi yang berbeda diantaranya, Psikologi, Farmasi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Ilmu Hukum dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, didampingi oleh Nita Rohayati, M.Psi.Psikolog selaku Dosen Pendamping Lapangan.

Salah satu desa yang menjadi sasaran KKN adalah Desa Tegalsawah Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang.Desa Tegalsawah memiliki luas wilayah 432,399 ha dan termasuk daerah pantai Utara Jawa Barat adapun jarak Desa Tegalsawah dengan Kabupaten Kota Karawang sekitar 9 Km dan jarak Kecamatan Karawang Timur 7 Km, dengan ketinggian 8 meter diatas permukaan laut (MDPL) dengan jumlah penduduk 7.528 jiwa dan mayoritas bekerja sebagai Karyawan Perusahaan Swasta dan Buruh Harian Lepas. Program utama KKN tahun ini adalah mengisi data Prodeskel (Profile Desa dan Kelurahan) dan membantu UMKM yang ada di desa tesebut.

Pada mulanya Desa Tegalsawah terdiri dari Tegalan dan Pesawahan karena semakin berkembangnya penduduk Desa Tegalsawah saat ini tegalan sawah dijadikan ladang pertanian khususnya pesawahan sebagai sumber mata pencaharian.

Dengan luasnya lahan pesawahan salah satu penduduknya, Pak Ashari membuka UMKM “Sate Tutut Tegalsawah” dengan dasar menunya dari keong sawah atau yang lebih dikenal dengan nama Tutut. UMKM “Sate Tutut Tegal Sawah” ini beralamat di Krajan 2 Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur Kab. Karawang. Usaha Sate Tutut ini sudah berdiri sejak tahun 2020 hingga sekarang. Olahan sate tutut ini mengandung protein sekitar 12 persen, kalsium 217 milligram, rendah kolesterol, 81 gram air, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan fosfor, semuanya terhitung dalam 100 gram keong sawah, menurut Positive Deviance Resource Centre, jadi banyak sekali manfaat ketika mengkonsumsi sate tutut ini. Terlebih dengan berbagai macam varian menu yang ada menjadi daya tarik tersendiri untuk mencobanya.

Pemilik sate tutut ini dalam melakukan kegiatan usahanya memiliki beberapa kendala terkait pengolahan dan tata lokasi tempat usaha (Bpk Ashari 11 Juli 2021). dilatar belakangi hal tersebut mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Tegal Sawah membantu memberikan solusi terkait permasalahan tersebut yang dimuat dalam program kerja KKN Desa Tegal Sawah, guna memulihkan kembali perekonomiannya di masa pandemi.

Selain UMKM “Sate Tutut” Mahasiswa KKN UBP juga membantu UMKM “Kue Tradisional Ibu Oom” yang beralamat di Kampung Benggol Desa Tegal Sawah RT/RW 003/004 Kec. Karawang Timur Kab. Karawang. Ada dua jenis Kue Tradisional yang di jual yaitu Kue Kering seperti peyek dan kembang goyang dan kue basah seperti kue cincin,putu ayu, dan kue bugis. Ibu Oom memulai usahanya ini sejak tahun 2011 dimana awalnya beliau hanya menjual produknya kepada warga-warga sekitar untuk acara syukuran dan resepsi penikahan. Kedepannya Ibu Oom berharap usahanya ini dapat dipasarkan ke pasar-pasar dan took-toko kue lainnya serta lebih banyak yang mengetahui usahanya tersebut. Mahasiswa peserta KKN didesa Tegalsawah membantu dalam hal digital marketing serta design packaging yang menarik , guna bisa meningkatkan daya tarik pelanggan yang pada akhirnya akan membuat penjualan bertambah,mengingat kedua hal tersebut memang hal yang penting dalam melangsungkan kegiatan bisnis.

Dari kegiatan KKN ini diharapkan dapat melakukan pendampingan kepada UMKM untuk terus berkembang meski dalam kondisi masa pandemi Covid-19.

Informasi lengkap tekait KKN UBP Karawang 2021, pihak kampus menyediakan situs resmi yang dapat di akses melalui http://kkn.ubpkarawang.ac.id/ https://www.instagram.com/kkn_desa_tegalsawah_2021/ https://www.instagram.com/saungtutut_tegalsawah/ https://www.instagram.com/kuebuoom/