Beranda Umum Keren! Kota Bekasi Raih Penghargaan Kota Toleran

Keren! Kota Bekasi Raih Penghargaan Kota Toleran

177

KOTA BEKASI – Kota Bekasi meraih penghargaan indeks Kota Toleran Tahun 2021 dengan nilai 5.83 dari Setara Institute yang digelar di Hotel Ashley, Jakarta Selatan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Badan Setara Institute kepada Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Setara Institute mengadakan riset pertahun mengenai Kota/Kabupaten se Indonesia dengan memantau beberapa kriteria, Kota Bekasi mendapatkan undangan untuk menerima penghargaan yang di hadiri oleh Plt.Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto didampingi Asisten Pemerintahan, Yudianto dan Kepala Kesbangpol Kota Bekasi, Cecep Suherlan.

Sekertaris Kemendagri, Suhajar Diantoro, mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan hari ini, bukti toleransi pengamalan Pancasila yang harus dipromosikan sampai kapanpun berbagai bentuk, terima kasih telah menyelenggarakan acara ini untuk sebuah motivasi Kota/Kabupaten di Indoenesia tentang Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Wabup Aep Minta PBSI Beri Kebanggaan untuk Karawang

“Angka tersebut dikeluarkan Setara Institute yang meneliti persoalan toleransi di berbagai daerah, Kota/Kabupaten yang terfokuskan pada keberagaman di masing-masing daerah dengan objek studi praktik toleransi Kota/Kabupaten yang ada di Indonesia,” kata Suhajar Diantoro.

Pengukuran IKT mengkombinasikan paradigma hak konstitusional warga, sesuai jaminan konstitusi, dan hak asasi manusia, sesuai dengan standar hukum HAM internasional, khususnya hak sipil dan politik.

“Studi ini ditunjukan untuk mempromosikan pembangunan dan pembinaan ruang-ruang toleransi di Kota yang dilakukan oleh pemerintah setempat dan atau didukung serta berkolaborasi bersama elemen masyarakat umum,” tuturnya

Dalam penilaiannya, Kota Bekasi mendapat skor 5,830 dengan peringkat 8 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2021 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Baca Juga: Primaya Hospital Bekasi Utara Berikan CSR kepada Para Pekerja Rentan

Riset ini juga merupakan kerjasama dan dukungan penuh dari Setara Institute dengan Kemendagri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang artinya penentu sudah bekerja semaksimal mungkin dan memantau mengenai keberagaman Kota/Kabupaten berdasarkan data riset.

Ditempat yang sama Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menyampaikan Kota Bekasi merupakan kota dengan masyarakat yang heterogen namun saling menghargai, beragam suku dan kebudayaan ada di Kota Bekasi.

“Kami tentunya sangat bersyukur, Kota Bekasi kembali meraih menjadi Kota Toleran tahun 2021, ini berkat kerjasama seluruh stake holder yang telah menjadikan Kota Bekasi yang harmonis dengan tidak membedakan suku, bahasa, budaya dan agama. Ini menjadi bukti nyata, Kota Bekasi sebagai kota yang heterogen namun masyarakatnya dapat saling menjaga kerukunan,” tutupnya (ais/ddi)