Beranda Headline Kementan Prioritaskan Vaksin PMK untuk Kategori Hewan Ini

Kementan Prioritaskan Vaksin PMK untuk Kategori Hewan Ini

182
Ilustrasi (Foto: iStock)

JAKARTA- Sebagai upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran virus PMK pada hewan, Kementrian Pertanian bakal memberikan vaksinasi prioritas kepada beberapa kategori hewan ternak.

“Mengingat jumlah vaksin darurat masih sangat terbatas maka penyuntikan vaksin akan diprioritaskan untuk hewan sehat yang berada di zona merah dan kuning,” kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri seperti dilansir dari antaranews.com, Jum’at (17/6/2022)

Selain itu, vaksin PMK juga diprioritaskan pada hewan ternak yang berada di wilayah sumber pembibitan, serta bagi ternak yang berada di wilayah sentra peternakan sapi perah.

Baca Juga: Virus PMK Masuk Karawang, 230 Hewan Ternak Terjangkit

Kuntoro mengatakan bahwa pemerintah telah mempersiapkan pengadaan 3 juta dosis vaksin PMK darurat. Pengadaan tahap pertama vaksin darurat sebanyak 800 ribu dosis dan tahap selanjutnya 2,2 juta dosis.

“Sebagian vaksin tahap pertama telah tiba pada hari minggu, 12 Juni 2022 lalu sebanyak 10.000 dosis dan telah dilakukan vaksinasi perdana pada 14 Juni 2022 lalu di dua peternakan sapi rakyat yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa-Timur,” jelasnya. ***