Beranda Headline Kemarau Panjang, Cadangan Air Bersih di Kota Bekasi Makin Menipis

Kemarau Panjang, Cadangan Air Bersih di Kota Bekasi Makin Menipis

BEPAS, KARAWANG – Kekeringan melanda Kota Bekasi. Cadangan air bersih makin menipis lantaran kemarau panjang. Bahkan, air kali tidak bisa lagi dijadikan sebagai pasokan cadangan air bersih.
Air kali Bekasi yang digunakan PDAM Tirta Patriot sudah tidak bisa dijadikan lagi sebagai bahan baku lantaran air di sana sudah mencapai tingkat pencemaran yang mengkhawatirkan. Apalagi, kondisi air di kali Bekasi sudah hitam dan bau sehingga tidak bisa digunakan untuk memproduksi air bersih.
“Gangguan pelayanan sudah terjadi selama sepekan terakhir, akibat pencemaran yang terjadi di kali,” kata Direktur Umum PDAM TP Muhaimin.
Saat ini, PDAM hanya punya cadangan sumber air dari aliran Kalimalang yang sumbernya dari Waduk Jatiluhur.
“Jumlah produksi berkurang, dari yang biasanya 490 sampai dengan 500 liter per detik, saat ini hanya bisa memproduksi 420 liter per detik dalam satu hari untuk 31 ribu pelanggan di wilayah Bekasi Utara, Medansatria dan Bekasi Barat,” katanya.
Sementara itu, Humas PDAM Tirta Patriot Uci Indrawijaya, menuturkan limbah yang mencemari kali Bekasi menganggu rantai produktivitas air bersih PDAM.
Solusinya, PDAM saat ini sedang merancang solusi pipanisasi untuk menyuplai air bersih.
”Itu masih perencanaan, karena pipanisasi itu solusi permanen dalam rangka menanggapi air sungai kali Bekasi yang fluktuatif yang memang tidak kontinuitas,” katanya. (fzy)

Artikel sebelumyaDampak Tumpahan Minyak, Warga Karawang Bisa Gugat Pertamina
Artikel berikutnyaBadai Monyet Serbu Pasar di Bogor