Beranda Pernak Pernik Kebut-kebutan di Lintasan Gokar Fun World Karnival Karawang

Kebut-kebutan di Lintasan Gokar Fun World Karnival Karawang

Redaksi, bersama wartawan Detik.com dan Karawangnews.com, berdoa bersama sebelum balapan.

BEPAS, KARAWANG – Wahana Gokar di Fun World terletak di Galuh Mas Karawang, satu area dengan wahana Trampolin. Gokar Fun World memiliki panjang lintasan 300 meter dengan empat belokan.

Redaksi Berita Pasundan berkesempatan memacu adrenalin di atas mobil gokar 200 cc. Saya datang bersama wartawan Detik.com dan Karawangnews.com, jam tiga sore. 60 menit sebelum wahana dibuka. Kami ditemani Recreation Park Manager, R. Dorothe Novita. Mbak Dora, begitu ia akrab disapa, menjawab santai pertanyaan wartawan.

Sambil menunggu, kami memotret stan kuliner. Ada 20 stan dan empat food truck di sana. Beberapa hari yang lalu, pada Jumat (15/11), Fun World membuka Karnival (Karawang Night Festival). Karnival mencakup stand kuliner, titik foto Instagrammable, dan beberapa wahana di area 30 ribu meter persegi yang dimiliki Fun World.

Tepat jam empat, nama kami didaftarkan. Daftar nama ini penting. Tiap-tiap mobil gokar dipasangi semacam sensor. Sensor ini akan bereaksi tiap kali mobil melintasi garis start. Catatan balapan seperti kecepatan maksimal, kecepatan rata-rata, jumlah lap akan keluar di akhir balap bersama nama pembalap.

Kami diarahkan menuju ruang ganti. Masing-masing diberi satu kunci locker. Di sana, helm berbagai warna berjajar. Di sudut lain, ada puluhan wearpack berbagai ukuran. Setelah menyimpan barang-barang, kecuali kamera, kami memilih satu wearpack yang sesuai ukuran kami.

Redaksi sedang memilih wearpack.

Kami juga diberi penutup kepala, dan sarung tangan higienis. Untuk satu kali balapan (durasi lima menit), pengunjung harus merogoh kocek Rp 60 ribu belum termasuk penutup kepala dan sarung tangan yang seluruhnya Rp 20 ribu, yang bisa dibawa pulang untuk balapan selanjutnya. Untuk balapan selanjutnya, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 50 ribu.

Kami diarahkan masuk ke pit lane, memilih mobil. Saya pilih mobil nomor delapan. Bukan angka keberuntungan, saya hanya suka warnanya. Oranye terang.

Kami diberi kesempatan mencicipi lintasan, satu lap, lalu masuk ke garis start.

Mobil ini, kata petugasnya, konon bisa dipacu sampai 200 km/jam. Angka yang sulit dibuktikan di lintasan, sebab, mobil tidak bisa berakselerasi maksimal di jalur lurus sependek itu.

Rata-rata, tiap pembalap dewasa bisa menempuh 10 lap tiap kali balap. Adapun anak-anak, bisa menempuh tujuh sampai delapan lap. Anak-anak berusia 14 tahun sudah dibolehkan menjajal balapan ini. Rata-rata waktu yang dibutuhkan menyelesaikan satu lap adalah 27 sampai 28 detik.

Gokar Fun World tidak hanya dibuat untuk bermain seru dan bersenang-senang dengan kawan-kawan saja. Mobil dan sirkuit di wahana ini ternyata bisa dipakai untuk balap profesional.

Kamu yang terbiasa dengan power steering, siap-siap kaget begitu memegang setir gokar. Saya juga kaget. Setirnya sangat berat. Apalagi kalau mobil dalam posisi diam atau melaju pelan. Kelar satu lap, saya sudah biasa dengan setirnya.

Di Pit Lane. Bersiap. Petugas membantu menyalakan mesin dan memberi pengarahan.

Trak balap di Fun World telah tersertifikasi aman. Mobil dijamin tidak akan terbalik. Saya merasakan keamanan itu. Kami sikat habis semua lintasan tanpa khawatir akan celaka. Wartawan dari Karawangnews bahkan mengaku beberapa lap tidak menggunakan rem.

Balap selesai. Kami kembali ke pit stop dengan perasaan puas. (Faizol Yuhri)