Beranda News Jelang HUT RI ke-78, Paskibraka dan TNI Karawang Gelar Latihan Bersama di...

Jelang HUT RI ke-78, Paskibraka dan TNI Karawang Gelar Latihan Bersama di Lapangan Karangpawitan

87
Paskibraka dan TNI latihan gladi bersama untuk menyambut HUT RI (Foto: El)

KARAWANG- Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Pasukan TNI Kabupaten Karawang laksanakan gladi kotor gabungan ke-2 di lapangan Karangpawitan.

Pelatih Paskibraka Kabupaten Karawang, Risman Maulana menyebutkan, personil Paskibraka yang sedang berlatih saat ini berjumlah 50 orang dari 37 sekolah yang terjaring.

“Jadi para pasukan pengibar ini sudah masuk tahap pemusatan latihan sejak tanggal 3 kemarin, dan akan berakhir ditanggal 18 mendatang,” ujarnya pada Sabtu, (12/8).

Ia mengulas, proses seleksi hingga rangkaian pelatihan sudah berlangsung sejak akhir Februari 2023. Kemudian, dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan gladi bersih gabungan.

Baca juga: Sambut HUT RI ke-78, Pemerintah Siapkan Sederat Kegiatan dari Awal Agustus

“Kamis kemarin gladi kotor 1, hari ini gladi kotor 2 dan nanti hari Selasa gladi bersih keseluruhan elemen petugas upacara,” paparnya.

Risman menjelaskan, jenis (gerakan) paskibra yang digunakan para pengibar adalah perpank dan formasinya terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 sesuai dengan filosofi kemerdekaan.

“Mereka sudah terlatih semi militer, pelatihannya dari unsur kodim 305, polres hingga pol PP. Semoga dengan pelatihan gabungan yang lebih cepat ini, pengibaran di hari H menjadi lebih maksimal,” jelasnya.

Rahma Maulida Arifa (16), siswa SMAN 1 Karawang Barat yang menjadi Paskibraka pasukan 17 mengaku haru dan bangga bisa menjadi petugas pengibar di tingkat Kabupaten.

Baca juga: Makna Filosofi Perlombaan 17 Agustusan yang Wajib Diketahui

“Sampai detik ini tentu kami menghadapi banyak proses, rintangan dan kesulitan. Awalnya kaget, tapi alhamdulilah bisa lolos twk, tes fisik, pretest dan bisa adaptasi dengan latihan semi militer,” tuturnya.

Ia mengatakan, seluruh orang terdekat hingga pihak sekolah turut mendukung dan ia berharap bisa menjalankan tugasnya dengan baik tanpa ada kesalahan sedikit pun.

“Saya merasa terhormat bisa menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Karawang, persiapan harus dimaksimalkan agar saya bisa menjalankan tugas dengan baik di 17 Agustus mendatang,” pungkasnya.