Beranda Ekonomi & Bisnis Jangan Asal Pilih, Begini Tips Memilih Produk Reksadana yang Baik

Jangan Asal Pilih, Begini Tips Memilih Produk Reksadana yang Baik

5
Financial consultant / Advisor analysis investment landscape asset allocation in many assets (iStock)

Beritapasundan.com- Reksadana telah menjadi pilihan investasi populer bagi masyarakat yang ingin mengembangkan dananya tanpa perlu terlibat langsung dalam pengelolaan portofolio.

Meski demikian, memilih reksadana yang tepat memerlukan pertimbangan yang matang. Berikut adalah beberapa tips memilih produk reksadana yang baik:

1.Pahami Jenis Reksadana

Ada beberapa jenis reksadana yang tersedia, seperti reksadana saham, reksadana obligasi, reksadana campuran, dan reksadana pasar uang. Pilih jenis reksadana yang sesuai dengan tujuan investasi Anda dan profil risiko yang dapat Anda terima.

Baca juga: Cara Menganalisa Kinerja Saham Perusahaan: Panduan untuk Investor Pemula

2.Periksa Kinerja Historis

Tinjau kinerja historis reksadana dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan, reksadana dengan track record yang baik cenderung memberikan hasil yang lebih stabil.

3. Kenali Manajer Investasi

Manajer investasi yang berpengalaman dan memiliki reputasi baik biasanya mampu mengelola dana dengan lebih efektif. Cari tahu tentang manajer investasi yang mengelola reksadana tersebut dan periksa rekam jejak mereka.

4. Perhatikan Biaya dan Fee

Setiap reksadana memiliki biaya administrasi dan manajemen yang berbeda. Pastikan Anda memahami semua biaya yang terkait dengan reksadana yang dipilih, termasuk biaya pembelian (subscription fee), biaya penjualan (redemption fee), dan biaya manajemen tahunan (management fee).