Beranda Headline Ini Kawarun, Teman Kang Pisman dalam Mengelola Sampah dari Hulu

Ini Kawarun, Teman Kang Pisman dalam Mengelola Sampah dari Hulu

13

KOTA BANDUNG, BEPAS- Pejabat Sementara (Pjs) PD Kebersihan Kota Bandung, Gungun Saptari mengungkapkan bahwa konsep pengelolaan sampah Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan) sejalan dengan konsep penanganan sampah di dunia. Bahkan Pemerintah Kota Kawasaki, Jepang juga mengusung konsep serupa dengan memunculkan sosok maskot bernama Kawarun.

Gungun yang baru saja melakukan studi ke Jepang ini menuturkan, di Kota Kawasaki khususnya saat ini masih gencar mengampanyekan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk pengelolaan sampah. Kampanye budaya pengelolaan sampah di hulu ini juga menghadirkan maskot Kawarun untuk bisa lebih menjangkau ke masyarakat.

“Kawarun ini adalah salah satu maskot kampanye 3R di Jepang dan mereka mengubah budaya ini cukup panjang. Kawarun tokoh yang dimunculkan dalam upaya perubahan budaya ini. Kang Pisman tidak sendirian tapi di negara lain melakukan hal yang sama,” ucap Gungun, Minggu (9/2/2020).

Gungun mengungkapkan dari hasil diskusinya selama di Jepang, ternyata di Kota Kawasaki juga pernah terjadi tragedi serupa “Bandung Lautan Sampah” yang terjadi di Kota Bandung pada 2005 silam, ketika Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah mengalami musibah longsor.

Menurut Gungun, peristiwa di Kawasaki kala itu justru menjadi titik awal bagi pemerintah dan masyaraat untuk bersama-sama membangun budaya baru menjalankan pola 3R dalam mengelola sampah.

“Mereka pernah mengalami episode sama seperti Bandung lautan sampah. Mereka di sana menyebutnya darurat sampah, itu terjadi tahun 1990. Itu menjadi momentum bagi masyarakat Kota Kawasaki untuk melakukan perubahan dalam penanganan sampah. Salah satu yang akhirnya merekasadari tentang bagaimana menerapkan 3R,” jelasnya.

Gungun memaparkan, konsep utama gerakan 3R, yaitu menuntaskan sampah dari sumbernya. Semangat ini sejalan dengan konsep yang diusung Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung melalui program Kang Pisman.

“Jadi bagaimana penanganan sampah bukan hanya sekadar pola kumpul, angkut dan buang, tapi bagaimana mengurangi sampah sejak dari sumber, pemilahan sampah, pemanfaatan sampah dan daur ulang sampah. Kalau di Kota Bandung ini kita terjemahkan konsep ini sebagai Kang Pisman,” ungkapnya.

Masih menurut Gungun, konsep Kang Pisman ini juga selaras dengan gerakan zero waste lifestyle yang trennya terus naik daun dalam 10 tahun terakhir di Eropa dan Amerika. Metode pengelolaan sampah ini ternyata sudah tumbuh di Jepang sejak puluhan tahun silam.

Sama halnya dengan gerakan Kang Pisman, lanjut Gungun, metode pengelolaan sampah tersebut menggandeng keterlibatan banyak pihak untuk bisa menangani masalah sampah. Baik pemerintah, perusahaan swasta dan seluruh elemen masyarakat ikut berjuang mengurangi, memilah dan memisahkan serta memanfaatkan sampah yag diproduksinya sendiri.

“Jadi zero wastelife style ini sebuah budaya baru bagaimana seluruh pihak yang terkait, termasuk sumber penghasil sampah baik masyarakat atau komersil atau industri ikut terlibat dalam upaya penyelesaian sampah. Salah satunya dengan menerapkan 3R kalau di Jepang, zero waste kalau di Eropa dan di Bandung ini Kang Pisman, intinya sampah itu sudah dikurangi sejak dari sumber,” ungkapnya.(hms/dhi)