Beranda Headline Hektaran Hutan di Gunung Cengkik Karawang Alami Kebakaran Hebat

Hektaran Hutan di Gunung Cengkik Karawang Alami Kebakaran Hebat

65
Kebakaran Hutan di Gunung Cengkik Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG- Lahan hutan seluas 5,4 hektare di Wilayah Gunung Cengkik, Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru Karawang alami kebakaran cukup hebat.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Rohmat mengatakan kebakaran tersebut terjadi pada Minggu, 15 Oktober 2023 pukul 12:15WIB dan masih dalam upaya pemadaman.

“Saat ini personil BPBD tim gabungan dan masyarakat setempat masih di lokasi berupaya memadamkan api,” kata Rohmat saat di wawancarai melalu telepon saluler, Senin (16/10/2023)

Baca juga: Sungai Cibe’et Menghitam dan Berbau Menyengat, Diduga Tercemar Limbah Industri

Menurut Rohmat dampak dari peristiwa tersebut lahan hutan seluas 5,4 Ha ludes terbakar.

“Lahan yang terbakar sekitar 5,4 Ha, petak 31c, 32c petak (perhutani),” jelasnya.

Ia juga mengatakan proses pemadaman api di lakukan secara manual karena lokasi sulit untuk di lalui kendaraan.

“Kita melakukan pemadaman manual dengan alat seadanya karena lokasi kebakan yang begitu curam dan sulit dilalui kendaraan. untuk saatnya belum bisa di pastikan sudah padam atau belum karena api tidak keliatan dan susah di jangkau,” jelasnya.

Baca juga: Cerita Perjumpaan Alvin dengan Pembalap MotoGP di Mandalika

Rohmat menambahkan penyebab kebakaran tersebut belum diketahui, kuat dugaan karena cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini

“Sampai saat ini penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan. Kemungkinan karena cuara panas yang begitu ekstrim yang terjadi di Karawang,” ungkapnya.