Beranda Ekonomi & Bisnis Hasil Survey Catat Shopee Live Mendominasi Platform E-commerce

Hasil Survey Catat Shopee Live Mendominasi Platform E-commerce

15
Shopee live
Ilustrasi Live Streaming (Foto: Istimewa)

beritapasundan.com – Fenomena belanja melalui live streaming terus berkembang pesat di Indonesia, menarik perhatian luas dari berbagai brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Platform e-commerce terkemuka seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba memperkaya fitur live streaming mereka untuk menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan interaksi dengan konsumen.

Survei terbaru dari IPSOS Indonesia, yang dilakukan pada kuartal ketiga tahun 2023, mengungkap bahwa Shopee Live saat ini memimpin pasar dengan margin yang signifikan atas para pesaingnya.

Baca juga: Demi Bantu Palestina, Eross Candra Lelang Gitar Kesayangan

Survei ini melibatkan seller dari berbagai brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan fitur live stream di berbagai platform e-commerce.

Menurut survei tersebut, Shopee mendominasi dengan persentase yang tinggi pada berbagai indikator kinerja:

  • Shopee Live mencapai puncak popularitas dengan 77% penjual menganggapnya sebagai platform live streaming paling utama (Top of Mind), jauh melampaui TikTok Live yang hanya mencapai 19%.
  • Dalam hal penggunaan paling sering oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often), Shopee Live juga berada di posisi teratas dengan 72%, sementara TikTok Live berada jauh di belakang dengan 26%.
  • Lebih jauh lagi, Shopee Live menikmati pangsa pasar sebesar 82%, mengungguli TikTok Live yang hanya memperoleh 18%.

“Shopee Live telah membuktikan diri sebagai pemimpin yang tidak terbantahkan di pasar live streaming e-commerce. Dengan menyediakan layanan interaktif yang unggul, platform ini tidak hanya meningkatkan omzet para penjual, tetapi juga memfasilitasi pertumbuhan bisnis mereka dalam lingkungan digital yang kompetitif,” ungkap Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (8/6/2024).

Baca juga: Deretan Negara Bebas Pajak Penghasilan, Timur Tengah Mendominasi

Fitur live streaming Shopee telah diakui oleh para penjual sebagai sarana yang efektif dalam meningkatkan interaksi secara real-time dengan konsumen, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan informasi produk secara langsung. Ini menciptakan pengalaman belanja yang lebih dari sekedar transaksi jual beli, dengan mempererat hubungan antara penjual dan pembeli.

Survei IPSOS juga menyoroti pentingnya live streaming dalam meningkatkan omzet; 67% brand lokal dan UMKM melaporkan bahwa Shopee Live memberikan kontribusi terbesar terhadap peningkatan omzet mereka, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan platform lain seperti TikTok Live dan Tokopedia Play.

“Kami melihat tren live streaming akan terus berkembang dan memainkan peran penting dalam lanskap e-commerce,” tambah Sukma. “Adanya isu dan perubahan regulasi terkait e-commerce yang sedang hangat dibicarakan saat ini juga menambah kompleksitas pada dinamika pasar ini.”

Baca juga: Jaga Ekosistem Lingkungan, PT Aisan Nasmoco Industri Lakukan Kegiatan di Hari Lingkungan Hidup

Dengan keunggulan yang ditawarkan Shopee Live, diprediksi platform ini akan terus mendominasi pasar live streaming di tahun 2024, mendukung pertumbuhan berkelanjutan bagi brand lokal dan UMKM di tengah persaingan yang semakin intens. (*)