Beranda Headline Hasil Galang Dana Capai 300 Juta, Bupati Karawang Lepas Rombongan Papdesi ke...

Hasil Galang Dana Capai 300 Juta, Bupati Karawang Lepas Rombongan Papdesi ke Cianjur

40
Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana melepas 30 anggota Papdesi untuk menyalurkan bantuan ke korban gempa Cianjur (Foto: Istimewa)

KARAWANG – Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana melepas sebanyak 30 anggota Papdesi (perkumpulan aparatur desa seluruh Indonesia) Karawang untuk mengirim bantuan ke korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Keberangkatan rombongan Papdesi tersebut dilepas langsung oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana di halaman Pemkab Karawang.

Cellica mengatakan, bantuan yang dikirim berupa uang tunai Rp 300 juta dan bahan pokok. Bantuan tersebut hasil donasi dari ASN dan sejumlah perusahaan di Karawang.

Rinciannya, dari donasi ASN yang terkumpul mencapai Rp 295.175.000 dan bank Bjb Rp 20 juta. Kemudian dari Baznas Karawang sebesar Rp 40 juta. Total bantuan uang yang terkumpul mencapai Rp 355.175.00.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Cianjur, Puluhan Orang Meninggal

“Penggalangan dana untuk korban gempa Cianjur baru tahap pertama dan hari ini kita mulai salurkan,” kata Cellica, Senin (28/10/2022).

Menurutnya, bantuan uang tunai dari ASN Karawang ditransfer langsung ke BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) Cianjur untuk disalurkan kepada korban gempa.

Hal yang sama juga dilakukan bank Bjb dan Baznas Karawang. “Kami tidak menerima uang karena langsung ditransfer,” kata Cellica.

Cellica mengatakan, selain uang tunai, Pemkab Karawang juga menerima bantuan Sembako dan obat-obatan dari sejumlah perusahaan. Sedikitnya ada 9 perusahaan yang memberikan bantuan makanan dan obat-obatan.

Baca juga:Tesnika Juarai Seluruh Cabang Lomba di Semarak Bulan Bahasa Unsika

“Sudah ada 9 perusahaan yang memberikan bantuan untuk korban gempa melalui Pemkab Karawang. Ini baru tahap pertama dan masih ada tahap selanjutnya dari banyak perusahaan di Karawang. Setelah terkumpul.lagi akan langsung kita salurkan,” katanya.

Menurut Cellica, rombongan yang mengangkut bantuan makanan dan obat-obatan di tangani dari anggota Papdesi Karawang. Gelombang pertama sebanyak 30 orang anggota Papdesi berangkat ke Cianjur. Setelah itu ada gelombang kedua yang sedang dalam persiapan.

“Kami ucapankan terima kasih karena Papdesi memiliki kepedulian yang tinggi membantu korban gempa di Cianjur,” katanya.