Beranda Khazanah Hari Jum’at Jadi Rajanya Hari, Simak Ini Beberapa Amalan yang Tak Boleh...

Hari Jum’at Jadi Rajanya Hari, Simak Ini Beberapa Amalan yang Tak Boleh Dilewatkan

52
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Beritapasundan.com- Bagi umat muslim di seluruh dunia, Hari Jum’at diyakini menjadi raja nya hari, sayang jika dilewatkan dengan sia- sia, alangkah baiknya jika dilewatkan dengan memperbanyak shalawat, membaca Al Qur’an dan berdzikir.

Untuk menjelaskan tentang besarnya pahala amalan hari Jumat ini, dalam Alquran Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.

Baca juga: Bolehkah Mengucapkan Natal untuk Umat Kristiani? Begini Penjelasan Quraish Shihab

Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung,” (QS Al-Jumu’ah: 9-10).

Seperti dilansir dari Orami.co.id– banyak amalan yang dianjurkan di hari Jum’at diantaranya:

1. Perbanyak Sholawat

Jika di hari biasa saja akan mendatangkan pahala, maka membaca sholawat saat hari Jumat akan dilipat gandakan pahalanya sebagai amalan hari Jumat. Bukan hanya pahala, Rasulullah SAW juga menjanjikan posisi yang dekat dengan beliau saat hari kiamat yang tentunya amat diinginkan oleh kaum muslimin.

Rasulullah SAW bersabda:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti,” (HR Al-Baihaqi).

Baca juga: Orang Muslim Ziarah ke Makan Non Muslim, Apakah Boleh?

2.Perbanyak Dzikir dan Doa

Ini adalah amalan hari Jumat yang bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk laki-laki dan perempuan.

Dzikir adalah mengingat Allah yang meski bisa dikerjakan kapan saja, namun ada baiknya hal tersebut juga diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jumat.

Ada banyak manfaat berdzikir yang dilakukan pada hari Jumat.

Ini pun mendapat penjelasan dalam Alquran saat Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…,” (Al Jumu’ah: 9).

Terkait dengan memperbanyak doa, Rasulullah SAW bersabda:

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya,” (HR Bukhari).