Beranda Ekonomi & Bisnis Harga Telur di Karawang Melonjak, Begini Kata Disperindag

Harga Telur di Karawang Melonjak, Begini Kata Disperindag

135
Telur Ayam Alami Kenaikan di Karawang (Foto: Pixabay)

KARAWANG – Harga telur ayam di pasar Kabupaten Karawang belakangan ini mengalami lonjakan. Kenaikan dikhawatirkan karena penyimpangan distribusi dari pemasok.

Kabid Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Gery Samrodi mengatakan, kenaikan harga telur terjadi seminggu terakhir.

“Kenaikan terdeteksi seminggu ini, dari Rp 27 ribu ke Rp 31 ribu,” kata Gery ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/8/2022).

Ia belum bisa memastikan penyebab kenaikan harga telur. Namun disinyalir kenaikan terjadi karena pengalihan distribusi dari pemasok.

Baca Juga: Gegara Nunggak 1,2 Miliar, Listrik Perumdam Tirta Tarum Diputus

Telur ayam di Karawang, kata dia, dipasok dari Subang dan Indramayu. Jika ditemui ada penyimpangan, pihaknya akan mencari produsen lain untuk menekan harga.

“Kami selidiki jalur distribusinya khawatir ada penyelewengan, entah itu ke kabupaten lain atau industri. Kalau betul ada, kita akan cari produsen lain,” jelasnya.

Berdasarkan data per tanggal 23 Agustus, kebutuhan telur ayam di Karawang 3,88 ton per hari.

Baca Juga: Pemerintah Segera Naikan Harga BBM, Ini Penyebabnya

“Ketersediaan sebetulnya kita masih cukup, tapi melihat kondisinya hari ini dikhawatirkan ada penyimpangan distribusi,” paparnya.

Gery mengimbau agar pedagang telur tidak perlu resah akibat kenaikan harga. Pihaknya tengah berupaya agar harga telur bisa ditekan.

“Kami imbau ke pedagang jangan terlalu khawatir, kita awasi jalur distribusinya. Jika ternyata ada pengalihan, kita akan cari produsen lain,” tandas Gery. (kii/ddi)