Beranda Headline Hadapi Puncak Arus Balik, Wakapolri Siapkan Sejumlah Rekayasa Lalu Lintas

Hadapi Puncak Arus Balik, Wakapolri Siapkan Sejumlah Rekayasa Lalu Lintas

171

KARAWANG – Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menyatakan bakal menerapkan rekayasa lalu lintas menyusul meningkatnya arus balik arah Jabodetabek.

Berdasarkan data Jasa Marga, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB sudah sebanyak 60 ribu kendaraan menuju ke Jabodetabek.

Angka ini meningkat dibandingkan hari kemarin yang mencapai kurang lebih 99 ribu kendaraan, mulai pukul 06.00 hingga 06.00 esok harinya.

“Jadi kita lihat baru 8 jam mulai pukul 06.00 hingga 14.00 WIB sudah 60 ribu, terlihat semakin sore ramai belum nanti malam hingga  besok pagi. Tentu ada peningkatan arus balik masuk ke Jabodetabek ini,” beber dia saat konferensi pers di Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pada Kamis (5/5/2022) sore.

Baca Juga: Volume Kendaraan Terus Meningkat, Kapolri Pantau di GT Cikampek

Dikatakan Wakapolri, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah-langkah rekayasa lalu lintas saat arus balik.

Termasuk pada hari ini, pihaknya menerapkan sistem contraflow dari KM 70 hingga KM 47.

“Nanti besok mulai pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB kita terapkan one way dari Kalikangkung hingga Karawang KM 47, hal itu juga sudah disosialisasikan,” katanya.

Baca Juga: Ketua Garda Bangsa Karawang Nilai Pernyataan Ishfah Ngawur dan Salah Kaprah

Gatot Eddy juga mengimbau agar pemudik yang hendak balik ke Jabodetabek untuk menjaga stamina dan mengecek kesiapan kendaraannya.

Apabila mengantuk maka istirahat ke rest area, jika padat mencari ke rest area berikutnya.

“Makanya saya imbau agar tetap jaga stamina dan kesehatannya. Kalau ngantuk istirahat ke rest area kalau padat cari rest area berikutnya,” tandasnya. (kii/ddi)