Beranda News Fakultas Farmasi UBP Lakukan Edukasi Kepada Masyarakat Terkait Obat

Fakultas Farmasi UBP Lakukan Edukasi Kepada Masyarakat Terkait Obat

134

Beritapasundan.com, Karawang – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh seluruh bagian dari perguruan tinggi salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen.

Anak usia dini mempunyai hak dalam mengenal dunia kefarmasian, selain mengenal tentang obat juga bagaimana obat itu dibuat. bagaimana obat bereaksi dalam tubuh, cara minum obat, juga mengetahui mana obat kimia dan mana obat herbal.

Fakultas Farmasi UBP pada hari Sabtu tanggal 22 Januari 2022 bekerja sama dengan Yayasan sweet shodaqoh melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bertempat di Yayasan sweet shodaqoh dengan tema “Mengenal Sains Farmasi Sejak Dini”, dengan peserta anak binaan Yayasan yang masih duduk di sekolah dasar dengan jumlah peserta sebanyak 24 peserta, dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Farmasi UBP Karawang, Dosen Farmasi dan Ketua Yayasan Sweet Shodaqoh.

Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah mencoba mengenalkan
dunia sains farmasi kepada anak Sekolah Dasar, agar dunia farmasi bisa dikenal sejak mereka masih kecil.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi UBP Ibu apt. Neni Srigunarti, M.Si., kemudian
dilanjutkan pemberian materi oleh dosen-dosen UBP. dalam acara tersebut juga di selingi perbincangan antara fakutas dan Yayasan. menurut Dekan dan Ketua Yayasan bapak Deni Warsidi Sukherman, kerja sama ini akan terus dilanjutkan dan dibuat terprogram sehingga tujuan berama antara fakultas Farmasi UBP dan Yayasan Sweet Shodaqoh dalam pengabdian masyarakat bisa terus berlanjut dan dirasakan oleh masyarakat.

dalam acara ini di sampaikan beberapa materi, dengan rangkaian materi sebagai berikut :

  1. Materi pertama disampaikan oleh Bapak apt. Sudrajat Sugiharta, M.Farm dengan topik “Cuci Tangan Pakai sabun dan Cara Membuat Sabun”, anak-anak diberikan pengetahuan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dengan games, kemudian diberikan bagaimana cara membuat sabun padat dan cair dari bahan-bahan yang mudah didapat.
  2. materi kedua disampaikan oleh bapak apt. Maulana Yusuf Alkandahri, M.Farm dengan topik Farmakokinetika, disana diberikan video bagaimana perjalanan obat dalam tubuh kita dari mulai diminum sampai keluar melalui organ sekresi.
  3. Materi ke 3 disampaikan oleh Bapak apt. Farhamzah, M.T.I yang memberikan materi “Mengenal Pembuatan Obat Sediaan Tablet Di Industri Farmasi” materi yang diberikan dalam bentuk video pembuatan obat diindustri farmasi dari mulai granulasi, tableting dan pengemasan.
  4. Materi ke 4 dari Ibu Iin Lidia Putama Mursal. M.Si., yang menerangkan tentang “Mengenal Uji Stabilitas Fisik Sebagai Bagian Standarisasi Produk Farmasi”
  5. Materi ke 5  disampaikan oleh Ibu Apt. Neni Srigunarti M.Si. dengan topik “Pengenalan Biologi Tumbuhan” dimana anak-anak diperkenalkan nama tumbuhan, nama latin bagian tumbuhan juga fungsi nya untuk obat. Pada acara pengabdian ini anak-anak terlihat antusias karena selain diberikan materi, juga ada games cuci tangan dan video-video. Semoga mereka dapat menyerap ilmu yang sudah diberikan dan minimal mengenal keilmuan tentang kefarmasian.

Acara ditutup foto Bersama dan pemberian snack serta santunan.( rls )