Beranda News Dinilai Kompeten, UBP Jadi Tuan Rumah Pendampingan JAD LLDIKTI Wilayah IV

Dinilai Kompeten, UBP Jadi Tuan Rumah Pendampingan JAD LLDIKTI Wilayah IV

211

KARAWANG – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang memfasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi khususnya bagi para dosen di berbagai perguruan tinggi yang digelar oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IV.

Menurut Ketua Panitia Pendampingan Jabatan Akademik Dosen (JAD) Perguruan Tinggi, Gina Indriani, kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam mendorong penyelenggara pendidikan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas SDM dosen atau pengajarnya.

Disisi lain, materi pendampingan JAD yang diselenggarakan oleh LLDikti difokuskan, pada bimbingan teknis jabatan fungsional Lektor di lingkungan LLDIKTI IV.

Baca juga: Bangun SDM Berdaya Saing, UBP Karawang Kolaborasi dengan Para Kelompok Pengusaha

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi diantara tim penilai internal Jabatan Akademik Dosen (JAD) di Perguruan Tinggi dengan Dosen dan operator agar mereka memahami tentang pengajuan jabatan yang sesuai dengan PO/PAK 2019,” katanya, Selasa, (26/7).

Mengingat, seringkali setiap pengusul JAD banyak yang kurang tepat. Baik dalam segi dokumen yang kurang tepat, atau kurang lengkap, hingga aspek kinerja dari seorang dosen dalam melakukan penelitian yang kadang tidak linear dengan bidang keilmuannya.

Selaku pembicara, Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd., mengatakan, indikator utama penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu unggul dapat dilihat dari kualifikasi dan kualitas dosen yang dimiliki.

“Dosen itu adalah modal utama dalam membentuk sebuah kampus yang bermutu unggul. Meski, tiga aspek utama yang disampaikan ialah terkait kelulusan, kurikulum, dan kualitas pelaksanaan pembelajaran. Tetap bagaimanapun, itu semua tidak bisa dibangun manakala dosennya tidak berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu, dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi bermutu unggul, UBP Karawang, telah mengajukan sejumlah tenaga pendidik untuk mengikuti pendampingan JAD tersebut.

“Jadi untuk Profesor sekarang sudah ada di LLDikti ajuannya satu orang sedang proses. Kemudian, Lektor Kepala yang sudah lolos satu orang, satu orang Lektor Kepala tengah proses, dan hampir semua dekan di UBP proses pengajuan Lektor Kepala,” ungkap Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM.

Kegiatan pendampingan JAD ini, diikuti oleh 68 perguruan tinggi di Wilayah IV LLDikti dengan melibatkan 136 peserta yang berasal dari Bekasi, Cikarang, dan Karawang.

Artikulli paraprakPeringati HDKD ke-77, Lapas Kelas IIA Karawang Gelar Donor Darah
Artikulli tjetërGenap Satu Tahun, DPP GMPI Gelar Kongres di Karawang