Beranda News Dinas Perikanan Karawang Sosialisasi Gerakan Makan Ikan

Dinas Perikanan Karawang Sosialisasi Gerakan Makan Ikan

35
Acara Peringatan Hari Ikan Nasional di Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG – Dalam rangka peringati hari ikan nasional, Dinas Perikanan Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi gerakan makan ikan untuk mencegah stunting.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Ade menyampaikan, melalui sosialisasi ini pihaknya menargetkan penanaman pemahaman kepada masyarakat Karawang khususnya anak-anak untuk mengetahui kadar gizi makanan.

Kemudian, ia mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya makan ikan.

Baca juga: Tekan Kasus Stunting, Plt Bupati Karawang Imbau Masyarakat Gemar Makan Ikan

“Anak-anak harus ditanamkan sejak dini perihal kadar gizi, protein dan sebagainya. Anak harus bisa membaca, misal kolesterol tinggi agar bisa membedakan makanan sehat dan tidak,” ujarnya saat diwawancarai pada Kamis, 30 November 2023.

Kata Ade, dalam seminggu minimal masyarakat harus ada asupan ikan. Bahkan lebih bagus jika setiap hari makan ikan.

Sebab, gerakan makan ikan ini mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Karawang.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Letjend TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD

“Setiap hari minimal ada sekali makan ikan, emas, kembung, bandeng, tongkol, apa aja. Masyarakat dihimbau, protein ikan itu bisa menghindari depresi hingga mengatasi susah tidur,” paparnya.

Plt Bupati Karawang, Aep Saepulloh juga menghimbau kepada masyarakat Karawang untuk gemar makan ikan. Khususnya, ia menyarankan masyarakat untuk memakan ikan tongkol.

Disamping harganya yang murah, ikan tongkol ini adalah jenis ikan dengan kadar protein dan gizi paling tinggi dibandingkan daging lainnya.

“Kenapa ikan tongkol, justru proteinnya paling tinggi, dibanding makan daging, ayam. Jadi yang namanya makan ikan ini sebetulnya protein gizinya sangat tinggi. Ikan tongkol paling murah, tapi paling tinggi manfaatnya,” pungkasnya.