Beranda Headline Diduga Kelelahan, 1 Anggota PTPS Karawang Meninggal 48 Lainnya Sakit

Diduga Kelelahan, 1 Anggota PTPS Karawang Meninggal 48 Lainnya Sakit

20
Anggota ptps
Ilustrasi

KARAWANG – Diduga kelelahan saat bertugas, anggota Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang meninggal dunia.

Anggota PTPS tersebut diketahui bertugas di TPS 38, Guro 1 Nagasari. Dikabarkan, almarhum menghembuskan nafas terakhir pada Rabu, 21 Februari 2024 pagi tadi.

Ketua Bawaslu Karawang, Engkus Kusnadi mengatakan, petugas tersebut diduga kelelahan sebab saat bertugas di hari H pemungutan suara almarhum kehujanan bahkan sempat di rawat di Rumah Sakit.

Baca juga: Bawaslu Karawang Segera Kaji Laporan THN Amin Terkait Penggelembungan Suara

Saat ini, pihak Bawaslu Karawang akan segera mengurus pemberian santunan sebesar Rp46 juta rupiah kepada keluarga anggota PTPS (yang meninggal).

“Awal mulanya pada hari H pemungutan suara 14 Februari 2024. Petugas ini saat bertugas tekena hujan dan dikarenakan badannya lagi kurang fit dan sakit hingga dirawat di rumah sakit. Tapi untuk penyebabnya kami tidak tahu,” terangnya saat diwawancarai.

“Tapi pada prinsipnya, kami Bawaslu Karawang sekarang sudah mulai mengurus untuk santunan. Karena memang ada santunan untuk keluarga duka,” tuturnya.

Engkus menyebutkan, santunan yang akan diberikan kepada keluarga duka nominalnya sebesar Rp36 juta dan tambahan sebesar Rp10 juta untuk biaya pemakaman.

Baca juga: Merasa Dirugikan, THN Paslon no Urut 01 Laporkan Dugaan Penggelembungan Suara di Karawang

“Total santunan yang diberikan itu 46 juta rupiah,” ujarnya.

Di samping itu, ia menyampaikan, saat ini ada sekitar 48 orang PTPS yang mengalami sakit akibat bertugas. Engkus mengatakan, semua biaya PTPS yang sakit akan ditanggung penuh oleh Bawaslu Kabupaten Karawang.

“Ini pun sama, sedang kita urus untuk biaya pengganti saat dia berobat. Jadi untuk biaya santunannya tidak kita pukul rata jumlahnya berapa, tetap disesuaikan dengan total dia berobatnya berapa,” jelasnya.

Baca juga: Caleg Demokrat Bayu Irawan, Gelar Santunan Kepada Ratusan Anak Yatim di Posko Pemenangan

Terakhir, Engkus mengatakan, atas nama Bawaslu Kabupaten Karawang, ia beserta jajaran turut berdukacita atas meninggalnya PTPS Nagasari yang gugur saat bertugas (berkontribusi untuk negara).

“Kami Bawaslu Karawang mengucapkan turut berdukacita dan kepada petugas yang sedang mengalami sakit, semoga cepat sembuh,” tutupnya. (*)