Beranda News Demi Kedaulatan Pangan, Saatnya Kaum Perempuan Menyatu dalam HKTI

Demi Kedaulatan Pangan, Saatnya Kaum Perempuan Menyatu dalam HKTI

49

BEPAS, BEKASI- Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bekasi menyerukan seluruh perempuan agar ikut menjadi bagian dunia pertanian dalam wadah HKTI. Hal itu akan diupayakan sebagai peran penting perempuan dalam pertanian.

“Pekerjaan tani bukan hanya milik kalangan laki-laki saja namun perempuan juga harus bisa,” kata Ketua Perempuan Tani HKTI Bekasi Hj. Siti Qomariah, S.Ip saat diwawancarai dalam kegiatan Sosialisasi Publik Perempuan Tani HKTI JABAR yang diadakan ruang teater Disparbud Kabupaten Bekasi, Senin (29/7/2019) pagi.

Siti menginginkan seluruh perempuan khususnya para ibu rumah tangga menjadi anggota HKTI . Hal ini akan memudahkan melakukan konsolidasi antar anggota. Termasuk pula, jika ada bantuan pembibitan ataupun soal pendistribusian pupuk, akan lebih mudah dilakukan.

“Saya akan arahkan mereka (red. Ibu-ibu) yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi untuk bisa mengembangkan pertanian yang ada di wilayah Bekasi dan sekitarnya dengan cara melibatkan Ibu-Ibu PKK yang ada di Bekasi,” ungkapnya.

Ia menyatakan, perempuan Tani HKTI Bekasi akan berjuang bersinergi dengan pemerintah. Selanjutnya, akan berusaha berkoordinasi dengan pemerintah bagaimana agar ketika musim panen tiba, harga gabah tidak anjlok lantaran panen yg terjadi berbarengan. Begitupun saat musim tanam tiba, bagaimana petani dapat melakukan penanaman secara bersama-sama. Inilah manfaatnya dengan menjadi anggota HKTI.

“Kita akan upayakan agar petani di wilayah Bekasi dan sekitarnya punya ruang atau tempat tersendiri untuk memajukan pertanian di Bekasi. Selain itu juga mengemukakan bahwa suatu hal yang sangat mudah sekali untuk melakukan perubahan pola pikir Ibu Rumah Tangga,” katanya.

Sementara itu dalam sambutanya, Ketua Perempuan Tani HKTI JABAR Ibu dr. Hj Ade Irma Sopyan S.st. M.Tr. Keb mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan kegiatan yang ke-9 kali diadakan di Jabar. Tujuanya, agar seluruh petani di JABAR nantinya bisa bekerjasama untuk memajukan pertanian yang ada di wilayah masing-masing.

Di kegiatan ini ia juga berharap Ketua Perempuan Tani HKTI Bekasi bisa berbenah diri untuk berikan yang terbaik kepada seluruh anggotanya maupun organisasi Perempuan Tani HKTI JABAR.

Ade juga menjelaskan proyeksi program kedepannya selain Sosialisasi Publik masih ada agenda lainnya seperti Pemberian sembako murah pada petani, dan sebagainya.

“Kami pengurus Perempuan Tani HKTI JABAR tulus ikhlas membantu perempuan tani yang masih berfikir dan bertanya-tanya tentang kegiatan bertani itu sendiri. Kami pengurus tidak akan tinggal diam saja untuk memajukan para petani khususnya petani di Jawa Barat. Kami akan membantu mendampingi sesuai dengan kapasitas kami demi majunya perempuan tani yang ada di wilayah Jawa Barat,” jelasnya. (cr2/dhi)