Beranda Headline Catat! Ini Amalan Malam Nisfu Sya’ban yang Wajib Diketahui

Catat! Ini Amalan Malam Nisfu Sya’ban yang Wajib Diketahui

83
Ilustrasi (Foto: iStock)

KARAWANG- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui lembaga Falakiyah telah menetapkan makan nisfu sya’ban atau tanggal 15 Sya’ban 1444 H jatuh pada 8 meret atau mulai Selasa, 7 Maret 2023 malam.

Malam Nisfu Sya’ban merupakan malam yang istimewa, malam ini juga sering disebut sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan.

Sayyid Muhammad bin Alawi seperti menjelaskan bahwa istighfar merupakan salah satu amalan utama yang harus dibiasakan umat Islam, terlebih di waktu istimewa seperti malam Nisfu Sya’ban.

Hal ini sebagaimana termaktub dalam kitab Ithmi’nânul Qulûb dilansir dari NU Online dalam tulisan berjudul Tiga Amalan Sunnah di malam Nisfu Sya’ban.

“Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan,” sambung Sayyid Alawi seperti dilansir dari nu.or.id.

Meskipun Nisfu Sya’ban merupakan malam ampunan, tetapi tidak semua dosa dapat diampuni di malam itu. Ada dosa-dosa kemaksiatan lain yang tidak bisa diampuni dalam malam istimewa itu.